dc.description.abstract |
Seiring pertumbuhan jaman, kebutuhan individu semakin meningkat. Salah
satu kebutuhan tersebut merupakan kopi, dimana minuman tersebut menjadi
suatu minuman yang diminati masyarakat Indonesia. Permintaan atas kopi
semakin meningkat, oleh karena itu kedai kopi mulai bermunculan dimana-mana.
Levres Coffee & Eatery merupakan salah satu kedai kopi yang terletak di Kota
Batam yang mulai terjun terhadap tren tersebut.
Penjualan serta kesadaran konsumen atas kedai kopi tersebut fluktuatif.
Pemilik Levres Coffee & Eatery mengkhawatirkan apabila hal tersebut tidak stabil,
kedai kopi tersebut tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang.
Pertumbuhan kedai kopi di Batam mulai sengit, dimana kompetitor semakin
banyak dan Levres Coffee & Eatery perlu meningkatkan daya tariknya terhadap
konsumen agar bisa bersaing. Levres Coffee & Eatery ingin meningkatkan
keputusan pembelian agar UMKM tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu
panjang juga.
Menurut beberapa penelitan, ekuitas merek dapat meningkatkan
keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini, ingin diuji apakah ekuitas
merek dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian pada Levres Coffee &
Eatery di pasar Batam. Dalam melakukan penelitian tersebut, akan digunakan
PLS-SEM untuk menguji hubungan kedua variabel tersebut. Pengolahan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 182 responden dengan metode
purposive sampling. Digunakan evaluasi pengukuran model serta model struktural
untuk menentukan variabel manakah yang memiliki pengaruh signifikan. Variabel
yang memiliki pengaruh signifikan atas ekuitas merek merupakan kesadaran
merek dan asosiasi merek. Sedangkan untuk variabel proses keputusan
pembelian, variabel yang mempengaruhi merupakan pengenalan masalah,
keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian.
Dari hasil pengolahan data tersebut dijadikan dasar untuk perancangan
strategi usulan. Strategi dibagi menjadi jangka pendek dan panjang. Strategi
jangka pendek yang dapat dilakukan merupakan pengelolaan terhadap produk,
pricing dan promosi. Untuk strategi jangka panjang, usulan yang diberikan
merupakan penetapan konsep Levres Coffee & Eatery agar dapat memberikan
citra yang tetap. |
en_US |