dc.description.abstract |
Seiring dengan perkembangan zaman, tuntutan manusia terhadap kebutuhan
dalam berakitivas langsung dan tidak langsung terus meningkat. HD Car Care Pontianak
merupakan salah satu salon mobil di Kota Pontianak yang berusaha untuk memenuhi
kebutuhan konsumen terkait dengan kendaraan dalam kondisi baik dan prima.
Peningkatan jumlah kendaraan di Kota Pontianak setiap tahunnya menunjukkan peluang
bisnis dari perusahaan dan persaingan antar salon mobil. HD Car Care hingga saat ini
belum mampu mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan. Hal ini diduga terjadi
karena rendahnya minat beli konsumen dalam menggunakan jasa di HD Car Care
Pontianak. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai perbaikan yang dapat dilakukan
dalam meningkatkan minat beli konsumen di HD Car Care Pontianak.
Langkah perbaikan pertama merupakan penentuan model, variabel, dan atribut
dari wawancara ataupun studi literatur yang dihipotesiskan peneliti memengaruhi minat
beli konsumen, hal diatas dikemas dalam bentuk kuesioner dan disebarkan dan pengujian
terhadap data dilakukan dengan metode PLS-SEM. Selain itu dilakukan wawancara secara
mendalam terhadap responden mengenai kondisi HD Car Care saat ini, dan bertanya
langsung dengan bagian pemasaran dan pemilik perusahaan.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dilakukan pengujian validitas dan uji
reliabilitas terhadap data. Dengan nilai path coefficient, variabel yang memengaruhi minat
beli konsumen merupakan harga dan promosi. Variabel harga memiliki 4 atribut, dan
promosi memiliki 6 atribut. Berdasarkan faktor yang memengaruhi tersebut, diberikan 8
usulan perbaikan yang telah disesuaikan juga dengan kondisi dari perusahaan. |
en_US |