Rekomendasi jenis iklan pada website berdasarkan tingkat recall dengan mempertimbangkan konteks penggunaan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Editha, Jocelyn
dc.date.accessioned 2021-10-01T06:39:25Z
dc.date.available 2021-10-01T06:39:25Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40417
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12408
dc.description 5063 - FTI en_US
dc.description.abstract Maraknya penggunaan internet saat ini digunakan sebagai salah satu peluang strategi pemasaran. Salah satu cara umum yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa adalah dengan memasang iklan di internet (internet advertising). Iklan internet dapat dipasang di banyak website, namun keberadaan iklan di website seringkali mengganggu pengunjung. Terganggunya pengunjung website oleh iklan internet dapat mengakibatkan pengunjung mengacuhkan iklan tersebut atau menutup iklan yang muncul. Jika pengunjung website sedang dalam keadaan yang mendesak, terdapat kemungkinan pengunjung akan menutup website tersebut karena dianggap terlalu mengganggu. Hal ini mengakibatkan iklan internet yang dirancang menjadi tidak efektif dan tidak mencapai tujuannya yaitu memberikan informasi produk atau jasa kepada calon konsumen. Maka dari itu, perlu diketahui faktor-faktor rancangan iklan internet yang berpengaruh sehingga dapat diberikan rekomendasi rancangan iklan internet yang efektif. Pada penelitian ini digunakan dua faktor yang dianggap akan mempengaruhi efektivitas iklan, yaitu jenis iklan dan konteks penggunaan. Terdapat tiga level jenis iklan yang akan diujikan, yaitu iklan gambar statis, iklan floating banner, dan iklan pop-up. Untuk faktor konteks penggunaan, responden akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok exploring dan kelompok task completion. Masing-masing kelompok akan menerima tiga jenis iklan yang sama, namun dilakukan pengacakan munculnya iklan (counterbalancing) untuk menghilangkan sequencing effect sehingga dihasilkan tiga jenis urutan kemunculan iklan yang berbeda. Untuk mengukur efektivitas iklan, digunakan kuesioner recall untuk mengukur ingatan responden terhadap iklan yang muncul pada website. Berdasarkan uji statistik menggunakan metode Kruskal-Wallis dan metode Mann- Whitney, dapat disimpulkan bahwa konteks penggunaan tidak mempengaruhi ingatan pengunjung terhadap iklan pada website, sedangkan jenis iklan memberikan pengaruh. Selanjutnya dilakukan uji signifikansi untuk mengidentifikasi apakah skor recall berbeda signifikan untuk jenis-jenis iklan yang berbeda agar dapat direkomendasikan jenis iklan yang paling efektif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis iklan pop-up adalah yang paling efektif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Rekomendasi jenis iklan pada website berdasarkan tingkat recall dengan mempertimbangkan konteks penggunaan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610156
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account