dc.description.abstract |
Tearis Tea Bar merupakan sebuah tea house yang menyediakan berbagai jenis
produk berbasis teh yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Saat ini Tearis Tea Bar
sedang mengalami penurunan pemasukan. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui
penyebab dari penurunan pemasukan adalah penerapan strategi pemasaran yang
kurang tepat. Selain itu dengan adanya pandemi COVID-19, pemasukan dari Tearis Tea
Bar juga semakin menurun dengan adanya perubahan perilaku pelanggan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengajukan usulan terhadap strategi pemasaran yang dapat digunakan
oleh Tearis Tea Bar untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan penjualan.
Dilakukan analisis situasi 5C untuk menjabarkan aspek-aspek kondisi yang
sedang dialami oleh Tearis Tea Bar. Dalam analisis situasi 5C digunakan beberapa alat
analisis lain seperti customer path 5A dan analisis PEST. Setelah diketahui bagaimana
situasi yang sedang dialami oleh Tearis Tea Bar, dicari faktor internal dan eksternal yang
relevan menggunakan analisis SWOT. Faktor-faktor tersebut lalu menjadi landasan dari
perancangan usulan strategi pemasaran yang akan ditampilkan dalam bentuk bauran
pemasaran 7P.
Hasil rancangan usulan strategi pemasaran yang didapatkan berupa 20 poin
perbaikan terhadap aspek-aspek dari bauran pemasaran 7P yaitu product, place, price,
promotion, process, people, dan physical evidence. Usulan ini sudah diadaptasi
berdasarkan hasil analisis SWOT yang relevan untuk dilakukan selama situasi yang
sesuai dengan analisis situasi 5C. |
en_US |