dc.description.abstract |
Pertumbuhan konsumsi kopi dan perkembangan industri kafe di Indonesia yang terus berkembang menyebabkan pertumbuhan jumlah kafe yang ada, dengan mayoritas kafe berada di wilayah Jakarta. Salah satunya didorong oleh perkembangan jumlah pelaku usaha pada industri ini. Termasuk Kafe Narasi Coffee yang merupakan kafe yang terletak di daerah tanjung priok, Jakarta Utara. Dengan minuman kopi dan berbagai macam makanan sebagai hidangannya. Sejak berdiri tahun 2019 hingga 2021, penjualan hanya konstan di awal tahun 2020. Namun pada pertengahan tahun 2020-2021, penjualannya mulai menurun. Salah satu penyebab penurunan penjualan ini adalah munculnya kompetitor yang diduga menyebabkan menurunnya niat beli ulang konsumen di Narasi Coffee. Penurunan jumlah penjualan tersebut berbanding lurus dengan pendapatan, sehingga perlu dilakukannya perbaikan untuk mengatasi masalah tersebut.
Penelitian diawali dengan melakukan penentuan variabel dan atribut yang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen di kafe berdasarkan hasil observasi, wawancara dan berdasarkan penelitian serupa yang sebelumnya telah dilakukan. Kemudian dilakukan penyusunan dan penyebaran kuisioner, dan didapatkan sebanyak 207 sampel. Selanjutnya dilakukan pengujian variabel dengan metode CB-SEM dan menggunakan aplikasi AMOS SEM untuk model pengukuran dan model struktural. Persepsi konsumen terhadap Narasi Coffee serta niat beli ulangnya dilakukan dengan cara menghitung rata-rata dari setiap variabel.
Setelah model dibuat dilakukan uji validitas dan reliabilitas, kemudian setelah adanya penghilangan beberapa indikator, model dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya model akan dievaluasi menggunakan kriteria Goodness of fit (GOF) untuk menentukan fit model dapat diterima. Dilanjutkan dengan uji signifikansi dengan regression weight untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dan total effect digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh antar variabel. Berdasar analisis regression weight dan total effect, variabel yang berpengaruh signifikan pada niat beli ulang adalah kualitas makanan, harga, tempat dan suasana, kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Variabel kualitas makanan, harga, tempat dan suasana, kenyamanan mempengaruhi kepuasan pelanggan secara langsung, dan kepuasan pelanggan mempengaruhi niat beli ulang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap variabel-variabel tersebut didapatkan 11 usulan yang dapat diberikan kepada pihak Narasi Coffee. |
en_US |