Abstract:
Pada tahun 2019 pemerintah Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama di bidang ketenagakerjaan atas dibutuhkannya banyak tenaga kerja (TK) informal di Jepang. Melihat fenomena tersebut, perusahaan Talent Indonesia telah membuat platform berupa website T yang berfungsi sebagai media pelamaran TK informal dari Indonesia. Website T baru dikembangkan berdasarkan pertimbangan pihak perusahaan dan belum diuji terkait usability. Hasil pengujian sementara terhadap 8 pengguna potensial mengindikasikan terdapat permasalahan terkait usability. Maka, penelitian ini bertujuan membantu perusahaan dalam mengevaluasi website T untuk memperbaiki usability interface website. Hasil evaluasi menjadi input dalam merancang ulang interface website T dengan usability yang baik. Evaluasi tingkat usability website T melibatkan 8 orang responden dengan melakukan 7 buah tugas sebanyak 5 kali repetisi. Pengujian menghasilkan skor kriteria usefulness sebesar 58,33, effectiveness sebesar 60,7%, efficiency sebesar 61,18%, skor satisfaction sebesar 2,85, dan grafik learning curve yang menunjukkan rata-rata jumlah repetisi pengerjaan sebanyak tiga kali untuk mencapai waktu pengerjaan di bawah waktu normal. Berdasarkan hasil pengujian kualitatif, didapatkan 13 usability problems dari wawancara dengan responden. Berdasarkan masalah yang didapat, dibuat usulan rancangan website dalam bentuk high-fidelity prototype. Tingkat usability dari prototype usulan diuji kembali dengan metode yang sama untuk mengevaluasi performansinya. Hasil pengujian usulan prototype menunjukkan skor kriteria usefulness sebesar 86,81, effectiveness sebesar 91,04%, efficiency sebesar 91,04%, skor satisfaction sebesar 4,458, dan grafik learning curve yang menunjukkan rata-rata jumlah repetisi pengerjaan sebanyak dua kali untuk mencapai waktu pengerjaan di bawah waktu normal. Dengan demikian, disimpulkan prototype usulan website T memiliki tingkat usability yang lebih baik. Kata Kunci: Usability Testing, Desain Interaksi, Perceived of Usefulness, Task-Completion, System Usability Scale, Think-Aloud, Learning Curve