Abstract:
Perkembangan ekonomi kota Bekasi dalam 20 tahun terakhir relatif pesat. Dari perkembangan kota Bekasi, terdapat peluang usaha yang terbuka lebar dalam berbagai bidang usaha salah satunya dalam bidang kuliner. Usaha kuliner yang dapat dikembangkan di Bekasi adalah café mengingat jumlah café di Bekasi yang terbatas sehingga memiliki peluang yang baik. Dalam usaha café maupun restoran, terdapat persaingan yang cukup ketat dengan adanya pedagang makanan yang ada di Bekasi. Kedai Kopi Roemah Toea merupakan salah satu café di daerah Bekasi yang memiliki potensi yang baik dari sisi lokasi yang berdekatan dengan sekolah-sekolah, namun hasil penjualan pada café Kedai Kopi Roemah Toea tidak stabil dan sering kali tidak mampu mencapai target penjualan. Oleh karena itu Kedai Kopi Roemah Toea memerlukan perumusan bauran pemasaran yang tepat untuk meningkatkan hasil penjualan.
Pada Kedai Kopi Roemah Toea terdapat banyak perubahan pada bauran pemasaran yang diterapkan disetiap bulannya. Perubahan bauran pemasaran berdapampak pada hasil penjulan Kedai Kopi Roemah Toea yang naik-turun. Dari perubahan bauran pemasaran dilakukan evaluasi bauran pemasaran secara keseluruhan. Analisis SWOT untuk membantu dalam penyusunan usulan berbaikan yang dapat diterapkan oleh Kedai Kopi Roemah Toea.
Dari hasil perumusan yang dilakukan diberikan usulan sesuai dengan faktor bauran pemasaran yang digunakan dalam penelitian yaitu dari faktor product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process. Usulan yang diberikan berupa memperbaharui menu dalam periode waktu tertentu dengan menu berinovasi, evaluasi harga, melakukan promosi dengan media online baik dengan media sosial maupun platform online, bekerja sama dengan platform online, pelatihan karyawan secara berkala dengan pengawasan, penambahan fasilitas pendukung transaksi online, dan pembuatan standar operasi sesuai protocol Kesehatan new normal.