Abstract:
Dewasa ini, pembuatan video iklan dan company profile diperlukan oleh hampir sebagian besar bidang usaha baik usaha kecil maupun usaha besar. Oleh karena prospek di bidang usaha pembuatan film atau video cukup menjanjikan, penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan usaha production house. Objek penelitian adalah PT X, perusahaan production house yang akan bergerak dalam pembuatan film atau video terutama pada pembuatan video iklan dan juga company profile. Pada penelitian ini terdapat 5 aspek yang akan diteliti di antaranya adalah aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasional, aspek sumber daya manusia, dan juga aspek finansial. Pada aspek hukum, akan dianalisis bentuk badan usaha dari PT X serta kelengkapan dokumen dan perizinan yang diperlukan yaitu NPWP, SIUP, TDP, IMB, TDUP, dan TPPF. Pada aspek pasar dan pemasaran, akan dianalisis mengenai kondisi pasar sekarang, potensi pasar yang diraih, dan menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan dengan menggunakan metode STP serta marketing mix. Lokasi tempat usaha, layout tempat usaha, kebutuhan peralatan yang diperlukan, dan juga proses bisnis akan ditentukan dalam aspek teknis dan operasional. Rancangan struktur organisasi perusahaan, deskripsi pekerjaan, dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan ditentukan dalam aspek sumber daya manusia. Pada aspek finansial, akan dilakukan perhitungan kebutuhan biaya modal, kebutuhan biaya tahunan, nilai depresiasi, dan tingkat inflasi. Proyeksi laporan laba rugi dan laporan arus kas juga akan dibuat untuk perhitungan penilaian investasi.Penilaian investasi dilakukan dengan metode Net Present Value (NPV), metode Discounted Payback Period (DPP), dan metode Rate of Return (IRR) pada dengan 3 skenario yaitu pessimistic, most likely, dan optimistic. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa bisnis production house dapat dinyatakan layak berdasarkan lima aspek tersebut. Aspek finansial dinyatakan layak pada skenario most likely dan optimistic berdasarkan tiga parameter penilaian investasi (NPV, DPP, IRR). Nilai NPV untuk kondisi pessimistic, most likely, dan optimistic secara berurutan adalah -Rp.100.711.791; Rp.432.292.615; dan Rp.713.934.228 dengan payback period untuk masing-masing kondisi adalah selama lebih dari 5 tahun; 4 tahun; dan 3,21 tahun. Sedangkan IRR untuk masing-masing kondisi adalah sebesar 0,56%; 28,85%; dan 42,72% dengan MARR sebesar 6,75%.