dc.description.abstract |
Isu lingkungan hidup telah menjadi masalah yang serius dan harus segera
ditangani. Salah satu aspek yang dihadapi adalah pencemaran udara oleh gas efek
rumah kaca, seperti karbondioksida. Kualitas udara kota Jakarta dan sekitarnya yang
buruk, mempengaruhi kesehatan masyarakatnya, dimana penggunaan bahan bakar fosil
untuk sarana transportasi merupakan salah satu penyebabnya. Emisi karbon dari
kegiatan transportasi ini dapat dikurangi dengan mengajak masyarakat menggunakan
kendaraan umum lebih sering melalui smartphone yang sudah sangat dekat dengan
kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang sebuah
aplikasi persuasif agar masyarakat mau menggunakan kendaraan umum lebih sering.
Penelitian ini menggunakan tahapan desain interaksi dalam merancang aplikasi
persuasif. Tahap pertama dari penelitian ini adalah dengan mengumpulkan 48 user
needs dari hasil wawancara. Kemudian, user needs tersebut diolah menjadi 9 buah
primary needs yang diurutkan sesuai dengan pembobotan yang dilakukan. Tahap
selanjutnya dilakukan design workshop yang menghasilkan 3 buah alternatif konsep.
Ketiga alternatif konsep ini melalui proses scoring untuk mendapatkan alternatif konsep
terpilih. Kemudian digunakan metode SCAMPER untuk menyempurnakan alternatif
konsep terpilih tersebut menjadi konsep final. Konsep final tersebut menjadi acuan
dalam membuat high-fidelity prototype yang selanjutnya akan dievaluasi dengan
melibatkan user.
Evaluasi terhadap prototype aplikasi yang dinamakan ecoGlide terdiri dari 2
bagian besar, yaitu evaluasi performansi aplikasi dan sifat persuasif aplikasi. Evaluasi
performansi aplikasi menggunakan metode Usability Testing berdasarkan 5 kriteria.
Kriteria effectiveness memiliki nilai 91% dan kriteria efficiency memiliki nilai 71,43%, yang
telah melampaui nilai minimum 70%. Nilai kriteria satisfaction, usefulness, dan
learnability secara berturut-turut adalah 3,83, 3,875, dan 3,875, yang telah melampaui
nilai minimum 3,4. Sementara hasil evaluasi persuasif menunjukkan bahwa aplikasi
berkaitan paling erat dengan kategori emosi dan persuasi, yaitu dengan persentase
sebesar 36,32% dan 23,38% dari keseluruhan 5 kategori. Sub-kategori yang paling
berpengaruh dari aspek persuasi adalah reward-driven dengan persentase sebesar
8,46% dengan peringkat 4 dari keseluruhan 14 sub-kategori. Secara keseluruhan,
Aplikasi ecoGlide memiliki predikat baik dalam usability dan kemampuan persuasif. |
en_US |