Perancangan aplikasi penggunaan kendaraan umum berdasarkan metode persuasive design

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Naomi, Vania Edra Christabel
dc.date.accessioned 2021-09-14T08:08:16Z
dc.date.available 2021-09-14T08:08:16Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40449
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12337
dc.description 5095 - FTI en_US
dc.description.abstract Isu lingkungan hidup telah menjadi masalah yang serius dan harus segera ditangani. Salah satu aspek yang dihadapi adalah pencemaran udara oleh gas efek rumah kaca, seperti karbondioksida. Kualitas udara kota Jakarta dan sekitarnya yang buruk, mempengaruhi kesehatan masyarakatnya, dimana penggunaan bahan bakar fosil untuk sarana transportasi merupakan salah satu penyebabnya. Emisi karbon dari kegiatan transportasi ini dapat dikurangi dengan mengajak masyarakat menggunakan kendaraan umum lebih sering melalui smartphone yang sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang sebuah aplikasi persuasif agar masyarakat mau menggunakan kendaraan umum lebih sering. Penelitian ini menggunakan tahapan desain interaksi dalam merancang aplikasi persuasif. Tahap pertama dari penelitian ini adalah dengan mengumpulkan 48 user needs dari hasil wawancara. Kemudian, user needs tersebut diolah menjadi 9 buah primary needs yang diurutkan sesuai dengan pembobotan yang dilakukan. Tahap selanjutnya dilakukan design workshop yang menghasilkan 3 buah alternatif konsep. Ketiga alternatif konsep ini melalui proses scoring untuk mendapatkan alternatif konsep terpilih. Kemudian digunakan metode SCAMPER untuk menyempurnakan alternatif konsep terpilih tersebut menjadi konsep final. Konsep final tersebut menjadi acuan dalam membuat high-fidelity prototype yang selanjutnya akan dievaluasi dengan melibatkan user. Evaluasi terhadap prototype aplikasi yang dinamakan ecoGlide terdiri dari 2 bagian besar, yaitu evaluasi performansi aplikasi dan sifat persuasif aplikasi. Evaluasi performansi aplikasi menggunakan metode Usability Testing berdasarkan 5 kriteria. Kriteria effectiveness memiliki nilai 91% dan kriteria efficiency memiliki nilai 71,43%, yang telah melampaui nilai minimum 70%. Nilai kriteria satisfaction, usefulness, dan learnability secara berturut-turut adalah 3,83, 3,875, dan 3,875, yang telah melampaui nilai minimum 3,4. Sementara hasil evaluasi persuasif menunjukkan bahwa aplikasi berkaitan paling erat dengan kategori emosi dan persuasi, yaitu dengan persentase sebesar 36,32% dan 23,38% dari keseluruhan 5 kategori. Sub-kategori yang paling berpengaruh dari aspek persuasi adalah reward-driven dengan persentase sebesar 8,46% dengan peringkat 4 dari keseluruhan 14 sub-kategori. Secara keseluruhan, Aplikasi ecoGlide memiliki predikat baik dalam usability dan kemampuan persuasif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan aplikasi penggunaan kendaraan umum berdasarkan metode persuasive design en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610072
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account