dc.description.abstract |
Vehicle routing problem (VRP) merupakan permasalahan mengenai
optimasi penentuan rute perjalanan dengan tujuan meminimasi jarak, waktu,
maupun biaya yang digunakan dalam proses distribusi. Salah satu jenis
pengembangan VRP adalah time window priority model (TWPM). Sesuai dengan
namanya, TWPM memprioritaskan time window dalam model matematis sehingga
kendaraan tidak mengalami keterlambatan waktu untuk sampai di setiap titik pada
saat proses distribusi. Terdapat kekurangan yang terdapat dalam TWPM, yaitu
kapasitas angkut hanya mempertimbangkan volume kontainer kendaraan dan
volume komponen angkut sehingga menyebabkan terdapat sekitar 10% atau
bahkan lebih kapasitas kontainer kendaraan yang tidak terpakai.
Pemanfaatan atau utilitas kapasitas (load factor) adalah faktor terpenting
untuk melakukan transportasi yang efisien. Load factor merupakan perbandingan
dari berat aktual komponen yang diangkut dengan berat maksimum komponen
dengan kapasitas penuh. Kapasitas angkut dapat ditingkatkan dengan cara
mempertimbangkan dimensi komponen angkut, seperti ukuran panjang, lebar,
maupun tinggi komponen angkut dan kontainer kendaraan.
Pada penelitian ini akan dikembangkan batasan kapasitas dengan
menggunakan three-dimensional loading constraints. Three-dimensional loading
constraints mempertimbangkan dimensi komponen angkut dan dimensi kontainer
kendaraan, antara lain ukuran panjang, lebar, maupun tinggi komponen angkut
dan kontainer kendaraan dalam batasan kapasitas. Penggunaan batasan threedimensional
loading constraints diharapkan dapat meningkatkan efisiensi
penggunaan kapasitas angkut kendaraan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa batasan dengan
memerhatikan dimensi komponen angkut dan dimensi kontainer kendaraan dapat
meningkatkan utilitas kontainer kendaraan serta meningkatkan total jarak tempuh.
Selain itu dalam beberapa kasus jumlah rute perjalanan yang dihasilkan pun
berkurang. |
en_US |