Pengembangan time window priority model dengan mempertimbangkan dimensi komponen angkut

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitompul, Carles
dc.contributor.author Horas, Octa Manasye
dc.date.accessioned 2021-09-10T03:56:36Z
dc.date.available 2021-09-10T03:56:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40589
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12319
dc.description 5235 - FTI en_US
dc.description.abstract Vehicle routing problem (VRP) merupakan permasalahan mengenai optimasi penentuan rute perjalanan dengan tujuan meminimasi jarak, waktu, maupun biaya yang digunakan dalam proses distribusi. Salah satu jenis pengembangan VRP adalah time window priority model (TWPM). Sesuai dengan namanya, TWPM memprioritaskan time window dalam model matematis sehingga kendaraan tidak mengalami keterlambatan waktu untuk sampai di setiap titik pada saat proses distribusi. Terdapat kekurangan yang terdapat dalam TWPM, yaitu kapasitas angkut hanya mempertimbangkan volume kontainer kendaraan dan volume komponen angkut sehingga menyebabkan terdapat sekitar 10% atau bahkan lebih kapasitas kontainer kendaraan yang tidak terpakai. Pemanfaatan atau utilitas kapasitas (load factor) adalah faktor terpenting untuk melakukan transportasi yang efisien. Load factor merupakan perbandingan dari berat aktual komponen yang diangkut dengan berat maksimum komponen dengan kapasitas penuh. Kapasitas angkut dapat ditingkatkan dengan cara mempertimbangkan dimensi komponen angkut, seperti ukuran panjang, lebar, maupun tinggi komponen angkut dan kontainer kendaraan. Pada penelitian ini akan dikembangkan batasan kapasitas dengan menggunakan three-dimensional loading constraints. Three-dimensional loading constraints mempertimbangkan dimensi komponen angkut dan dimensi kontainer kendaraan, antara lain ukuran panjang, lebar, maupun tinggi komponen angkut dan kontainer kendaraan dalam batasan kapasitas. Penggunaan batasan threedimensional loading constraints diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan kapasitas angkut kendaraan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa batasan dengan memerhatikan dimensi komponen angkut dan dimensi kontainer kendaraan dapat meningkatkan utilitas kontainer kendaraan serta meningkatkan total jarak tempuh. Selain itu dalam beberapa kasus jumlah rute perjalanan yang dihasilkan pun berkurang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Time Window Priority Model en_US
dc.subject Batasan Kapasitas en_US
dc.subject Three-Dimensional Loading Constraints en_US
dc.title Pengembangan time window priority model dengan mempertimbangkan dimensi komponen angkut en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610053
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409037701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account