Perencanaan bisnis usaha jasa cuci mobil keliling

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.advisor Budiono, Arip
dc.contributor.author Murjadi, Tiffany
dc.date.accessioned 2021-09-10T01:51:08Z
dc.date.available 2021-09-10T01:51:08Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40479
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12315
dc.description 5125 - FTI en_US
dc.description.abstract Perusahaan X adalah salah satu usaha jasa yang bergerak di bidang cuci mobil keliling. Perusahaan X menawarkan layanan cuci mobil yang praktis dengan cara datang secara langsung untuk mencuci mobil di rumah customer dengan membawa peralatan sendiri. Sebagai perusahaan yang belum lama berdiri, Perusahaan X memiliki beberapa permasalahan terkait, aspek pasar, pemasaran, operasional, dan finansial. Saat ini, Perusahaan X belum memiliki target pasar yang dituju, dan belum melakukan perencanaan pemasaran yang maksimal. Kemudian, terdapat permasalahan operasional yaitu: kurangnya kapasitas yang dimiliki sehingga menyebabkan lost sales, adanya permintaan area operasional dan, layanan lain. Selain itu, diperlukan perencanaan modal untuk mendukung perencanaan operasional serta analisis kelayakan finansial perusahaan. Maka dari itu, diperlukan perencanaan bisnis yang tepat agar dapat memajukan Perusahaan X. Perencanaan bisnis yang dilakukan terdiri dari empat aspek, yaitu: pasar, pemasaran, operasional, dan finansial. Pada bagian awal penelitian, dilakukan identifikasi kondisi perusahaan saat ini serta identifikasi kompetitor yang dimiliki oleh Perusahaan X. Selanjutnya dilakukan analisis sektor industri berupa analisis Five Force Porter’s Model, PEST, dan SWOT. Analisis Five Force Porter’s Model dan PEST digunakan untuk mengidentifikasi faktor eksternal yang dapat mempengaruhi perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan, dibuat perencanaan aspek pasar menggunakan metode STP dan value proposition canvas. Setelah itu, dilakukan perencanaan aspek operasional berupa penentuan lokasi operasional, jenis layanan tambahan, perbaikan SOP, dan perencanaan peralatan dan fasilitas. Dilanjutkan dengan perencanaan aspek finansial untuk menghitung HPP dan menilai kelayakan investasi yang akan dilakukan. Terakhir, seluruh perencanaan tersebut disimpulkan dan divisualisasikan menggunakan business model canvas (BMC) usulan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perencanaan bisnis usaha jasa cuci mobil keliling en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610049
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426118602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account