Abstract:
Northwood Café (NWC) merupakan sebuah café yang menjual makanan dan minuman. NWC memiliki lokasi di Jalan Linggawastu, lokasi tersebut berada di dekat Universitas Islam Bandung, hotel, dan beberapa tempat bekerja, sehingga target pasar utama dari NWC adalah mahasiswa dan pekerja kantor. NWC didirikan sejak pertengahan bulan Maret 2019. Pada awalnya NWC tidak mempertimbangkan mengenai strategi bisnis yang digunakan untuk menjalankan bisnisnya. Setelah berjalan selama sembilan bulan, pendapatan setiap bulan yang diperoleh NWC tidak pernah mencapai target yang ditentukan oleh pemilk NWC, sehingga cenderung menyebabkan kerugian pada bisnis NWC. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat untuk NWC. Penelitian dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik dan karyawan NWC untuk menyusun analisis internal dengan Business Model Canvas. Setelah itu, melakukan observasi lingkungan sekitar dan wawancara dengan konsumen serta pengelola café kompetitor untuk menyusun analisis eksternal dengan analisis PEST, analisis kompetitor, dan Porter Five Forces Analysis. Setelah melakukan seluruh analisis internal dan eksternal, selanjutnya adalah membuat analisis SWOT. Tahapan selanjutnya adalah menentukan Business Level Strategy yang akan digunakan untuk merumuskan strategi pada NWC. Berdasarkan Business Level Strategy tersebut, dibuatlah analisis TOWS yang merumuskan beberapa strategi yang akan digunakan level fungsional. Berdasarkan hasil dari Business Level Strategy dan analisis TOWS diperoleh strategi bisnis menuju differentiation, yaitu NWC menjadi café khusus pertemuan kecil (meeting). Perumusan strategi menuju differentiation ini didukung dengan adanya usulan pada level fungsional yang terdiri dari strategi pemasaran, strategi operasional, strategi sumber daya manusia, dan strategi keuangan. Strategi pemasaran NWC adalah pembuatan produk paket meeting dan paket nugas yang disertai dengan kisaran harga antara Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000, tempat berlokasi di Jalan Linggawastu No. 8, dan promosi yang dilakukan online dengan Instagram (ads dan feed) dan offline dengan bazaar kuliner. Strategi operasional yang dilakukan adalah pembuatan drive thru coffee, penataan meja dan kursi sesuai dengan co-working space, dan penambahan fasilitas rapat dan exhaust pada bagian atas NWC. Strategi sumber daya manusia yang dilakukan adalah pengembangan tim pemasaran, implementasi mini-training untuk tim NWC, dan meningkatkan keamanan dari NWC. Strategi keuangan yang dilakukan adalah mengatur dan menyiapkan dana kebutuhan NWC, melakukan penekanan biaya operasional, mengatur perencanaan pembayaran hutang dan biaya tidak terduga, dan mempertimbangkan pemberian gaji atau upah terhadap sumber daya manusia yang bekerja di NWC.