Pengaruh cash conversion cycle terhadap profitabilitas perusahaan sektor perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Maratno, Sylvia Fettry Elvira
dc.contributor.advisor Felisia
dc.contributor.author Mandalaputri, Renata
dc.date.accessioned 2021-09-03T01:56:15Z
dc.date.available 2021-09-03T01:56:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40935
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12284
dc.description 24320 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan ekonomi yang semakin cepat menyebabkan persaingan yang semakin ketat, sehingga perusahaan dituntut untuk memiliki kelebihan dibandingkan pesaingnya serta memiliki kinerja yang efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan-tujuannya dan dapat terus bersaing dalam dunia bisnis. Salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Untuk meningkatkan profitabilitas, perusahaan perlu melakukan manajemen modal kerja secara efektif dan efisien. Efektifitas manajemen modal kerja dapat diukur menggunakan Cash Conversion Cycle (CCC). CCC terdiri dari Days Sales Outstanding (DSO), Days Sales Inventory (DSI), dan Days Payable Outstanding (DPO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Conversion Cycle (CCC) beserta komponennya terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur menggunakan Return on Assets (ROA). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel 8 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda data panel dan regresi linear sederhana data panel. Data dianalisis menggunakan beberapa uji statistik yaitu uji asumsi klasik, statistik deskriptif, pengujian hipotesis yang meliputi uji statistik t, uji statistik F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel DSO, DSI, dan CCC berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan, variabel DPO berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan. Secara simultan, DSO, DSI, dan DPO, berpengaruh terhadap profitabilitas. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan perlu memperhatikan Cash Conversion Cycle beserta komponennya (Days Sales Outstanding, Days Sales Inventory, dan Days Payable Outstanding) dan mengelolanya dengan baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Cash Conversion Cycle (CCC) en_US
dc.subject Days Payable Outstanding (DPO) en_US
dc.subject Days Sales Outstanding (DSO) en_US
dc.subject Profitabilitas en_US
dc.subject Return on Asset (ROA) en_US
dc.title Pengaruh cash conversion cycle terhadap profitabilitas perusahaan sektor perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428107901
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401028301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account