Perancangan jadwal Bus Trans Metro Bandung koridor 2 menggunakan metode max load

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Aldwin, Dionisius
dc.date.accessioned 2021-09-02T06:21:10Z
dc.date.available 2021-09-02T06:21:10Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40540
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12272
dc.description 5186 - FTI en_US
dc.description.abstract Sebagai salah satu Kota Metropolitan di Indonesia, kemacetan merupakan salah satu permasalahan yang harus diatasi oleh Pemerintah Kota Bandung. Beragam proyek telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung salah satunya dengan memperbaiki sektor transportasi umum. Trans Metro Bandung merupakan salah satu transportasi umum. Trans Metro Bandung berbasis Bus Rapid Transit. Walaupun sudah memiliki sistem Bus Rapid Transit namun minat masyarakat untuk menggunakannya masih rendah. Hal ini disebabkan karena Trans Metro Bandung masih belum memiliki komponen dari sistem Bus Rapid Transit yang baik yaitu jadwal yang handal. Trans Metro Bandung Koridor 2 merupakan objek yang akan digunakan dalam penelitian ini. Fokus utama penelitian ini adalah memberikan usulan penjadwalan dengan headway yang sesuai dengan kondisi penumpang saat ini. Max Load adalah metode yang digunakan untuk memberikan usulan headway dalam membuat jadwal. Penelitian ini akan membandingkan antara headway yang sesuai dengan pola kedatangan penumpang dengan headway yang saat ini menjadi target Trans Metro Bandung. Selanjutnya jadwal dengan headway yang terpilih dari metode Max Load akan disimulasikan untuk memberikan gambaran bagaimana jika jadwal di implementasikan saat kondisi nyata. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa headway yang menjadi target Trans Metro Bandung saat ini sudah baik. Headway sebesar 20 menit ini yang terpilih dari metode Max Load dan digunakan dalam menyusun jadwal. Penelitian ini mengusulkan 2 buah usulan jadwal yaitu dalam satu perjalanan hanya dilayani oleh satu buah bus dan usulan kedua yaitu dalam satu perjalanan dilayani oleh dua buah bus yang mulai dari dua shelter yang berbeda. Hasil penelitian ini mengusulkan agar pengelola Trans Metro Bandung menggunakan penjadwalan yang dilayani oleh dua buah bus (usulan kedua). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan jadwal Bus Trans Metro Bandung koridor 2 menggunakan metode max load en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610018
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account