dc.description.abstract |
Pendidikan pada masa ini sangatlah penting bagi setiap individu. Perguruan tinggi merupakan tahap akhir opsional pendidikan yang harus memiliki sebuah Tata Usaha dalam mengurus administrasinya. Namun, sering kali ditemukan masalah yang dialami mahasiswa Fakultas Y pada Universitas X terkait kinerja Tata Usahanya. Berdasarkan wawancara, mahasiswa mengaku kesulitan melakukan kegiatannya. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan perancangan suatu aplikasi yang mampu menunjang kegiatan Tata Usaha Fakultas Y pada Universitas X untuk interface pihak mahasiswa.
Penelitian dilakukan dengan menerapkan desain interaksi yang terdiri atas empat tahap. Pertama, dilakukan identifikasi kebutuhan dari user dan diperoleh 22 kebutuhan yang dikelompokkan menjadi 10 primary needs yang dibobotkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Selanjutnya adalah concept generation menggunakan design workshop dan menghasilkan tiga buah alternatif konsep yang dibobotkan berdasarkan kebutuhan serta fiturnya, lalu dihasilkan alternatif konsep terpilih yang kemudian disempurnakan menggunakan Metode SCAMPER dan menghasilkan final concept. Tahap ketiga, final concept dikembangkan dalam prototipe high fidelity yang dirancang semirip mungkin dengan produk akhir.
Prototipe yang telah dirancang dinamakan TU. Pada tahap terakhir, prototipe tersebut diuji menggunakan usability testing dengan melibatkan lima buah kriteria yang diuji secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pengujian secara kuantitatif, kriteria effectiveness memperoleh nilai sebesar 91% dan kriteria efficiency memperoleh nilai sebesar 90,6%. Pengujian secara kualitatif diperoleh menggunakan kuesioner SUS yang memperlihatkan bahwa kriteria satisfaction, usefulness, dan learnability secara berturut-turut memperoleh nilai sebesar 4,29, 4,5, dan 4,38. Berdasarkan hasil pengujian, secara keseluruhan prototipe sudah dapat dikatakan baik. Meski demikian dilakukan perbaikan untuk menyempurnakan prototipe berdasarkan hasil evaluasi dan wawancara yang dilakukan pada responden. |
en_US |