Penerapan sistem Activity-Based Costing (ABC) dalam perhitungan harga pokok produk untuk penetapan harga jual produk pada skata

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purboyo, Arthur
dc.contributor.author Maharani, Annisa
dc.date.accessioned 2021-09-01T03:10:03Z
dc.date.available 2021-09-01T03:10:03Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40950
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12236
dc.description 24335 - FE en_US
dc.description.abstract Persaingan antar perusahaan dalam dua dekade terakhir ini mulai menjadi sangat ketat, tidak hanya pada bidang manufaktur, namun juga bidang jasa. Dulu sektor jasa sering kali dikuasai oleh pemerintah sehingga tidak langka untuk melihat perusahaan sektor jasa yang berorientasi nirlaba. Namun pada akhir-akhir ini, banyak sektor jasa yang awalnya berorientasi nirlaba, mulai diorientasikan ke perusahaan laba oleh pihak swasta. Salah satu contohnya adalah Skata. Skata merupakan objek penelitian ini. Skata merupakan suatu proyek dari Johns Hopkins Center for Communication Programs (JHCCP) yang memberikan edukasi mengenai remaja, pernikahan, lansia, dan keluarga berencana. Oleh karena itu, Skata sering kali bekerja sama dengan BKKBN dalam program-programnya. Tetapi pada akhir tahun 2020, JHCCP mulai menarik dana dari Skata dan memberikan Skata pilihan untuk menjadi perusahaan mandiri yang berorientasi laba. Untuk masuk ke dalam pasar baru yang telah memiliki beberapa kompetitor, Skata pun harus mempunyai informasi yang tepat agar terhindar dari kerugian. Salah satu informasi yang penting tersebut adalah informasi biaya yang cukup akurat untuk setiap produk yang akan ditawarkan Skata di pasar. Jika Skata menetapkan harga yang terlalu tinggi, maka ia akan kalah saing, namun jika terlalu rendah, maka Skata akan mengalami kerugian. Untuk mendapatkan informasi biaya untuk memproduksi produk yang tepat, diperlukan metode yang tepat yang dapat menggambarkan hubungan antara biaya yang keluar dengan apa yang dihasilkan oleh biaya tersebut. Metode tersebut adalah metode Activity-Based Costing (ABC) yang membantu membebankan biaya tidak langsung ke produk yang dihasilkan. ABC menggunakan serangkaian aktivitas sebagai fundamental cost object lalu baru menghubungkan aktivitas tersebut dengan final cost object (produk) lewat activity cost driver yang menggambarkan adanya hubungan cause-and-effect. Semakin baik activity cost driver yang dipilih, maka akan semakin akurat pula hasil perhitungan harga pokok produk yang diinginkan. Dalam menetapkan harga, seluruh komponen biaya dipertimbangkan, sehingga dapat memutuskan harga jual yang dapat menutupi seluruh pengeluaran perusahaan dan menghindari kerugian. Perusahaan juga dapat menggunakan informasi dari ABC untuk bertahan kompetitif (sebagai contoh: berguna dalam negosiasi harga). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang bertujuan memperoleh data yang menjelaskan topik yang ingin diteliti dan mengumpulkan data yang mendeskripsikan objek penelitian. Dalam penelitian ini, unit penelitian yang dipilih adalah Skata yang merupakan penyedia jasa edukasi, konsultasi dan periklanan dengan objek penelitian perhitungan harga pokok produk yang menjadi dasar dari penetapan harga jual produk Skata. Peneliti mengumpulkan data yang relevan lewat wawancara, observasi, dokumentasi serta lewat studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, harga jual ideal untuk masing-masing produk adalah Rp.79.000 untuk setiap slot kelas online, Rp.22.500.000 untuk jasa konsultasi, Rp.31.000.000 untuk jasa penggelaran event, Rp.4.000.000 untuk advertorial, Rp.2.500.000 untuk pop up ads, Rp.2.000.000 untuk banner ads front page, dan Rp.1.500.000 untuk banner ads page title (harga iklan berbeda karena letaknya yang strategis, namun biaya yang dikeluarkan untuk memelihara ruang iklan tersebut sama satu dengan lainnya). Oleh karena itu, jika Skata ingin mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari full-cost untuk jasa konsultasi, penggelaran event, dan iklan dan sebesar 10% hingga 15% untuk kelas online, Skata dapat menetapkan harga jual tersebut ketika masuk ke pasar untuk pertama kalinya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Activity-Based Costing (ABC) en_US
dc.subject Harga Jual en_US
dc.subject Harga Pokok Produk en_US
dc.title Penerapan sistem Activity-Based Costing (ABC) dalam perhitungan harga pokok produk untuk penetapan harga jual produk pada skata en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130048
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425015801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account