Analisis faktor eksternal dan internal sebagai dasar perumusan strategi pangkalan organik

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Ramizfarisi, Mahir
dc.date.accessioned 2021-08-27T07:29:16Z
dc.date.available 2021-08-27T07:29:16Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40550
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12226
dc.description 5196 - FTI en_US
dc.description.abstract Meningkatnya persaingan di industri sayuran organik menuntut PT. Service and Product Ideal yang memiliki brand Pangkalan Organik untuk produk sayuran organik mengembangkan rencana bisnis dengan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi internal perusahaan dalam memenangkan pasar, dari aspek lingkungan internal perusahaan dan eksternal perusahaan. Data di analisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Aspek produksi, manajemen, harga produk, distribusi, dan pemasaran. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan perancangan strategi bisnis guna mencapai target yang diharapkan perusahaan. Perancangan strategi bisnis dilakukan dengan metode Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Five Force Porter Model, Internal External (IE) Matrix, SWOT-TOWS, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode IFE, EFE, Five Force Porter Model, dan matriks IE digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan. Matriks SWOT-TOWS dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) digunakan untuk mengevaluasi strategi yang telah didapatkan. Mendapatkan data untuk matriks IFE, EFE, dan Five Force Porter Model peneliti melakukan wawancara manajemen Pangkalan Organik dan supervisor toko griya. Data tersebut di berikan nilai rating dan bobot oleh manajemen Pangkalan Organik. Untuk total skor IFE (3.091) dan total skor EFE (2.547). Data tersebut di olah di matriks IE untuk mengetahui posisi perusahaan. Hasil pengolahan matriks IE menunjukan bahwa Pangkalan Organik berada di posisi kuadran empat yaitu posisi grow and build. Posisi grow and build mendukung strategi perusahaan berupa market penetration, market development, dan product development. Hasil yang di dapatkan kemudian alternatif strategi tersebut dipilih menggunakan Matriks SWOT-TOWS dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Pangkalan Organik memiliki kekuatan pasar yang tetap dan kelemahan keterbatasan produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Pangkalan Organik juga memiliki peluang tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan memiliki ancaman tingkat persaingan tinggi dengan usaha tani lainnya. Pangkalan Organik memiliki posisi grow and build dengan hasil QSPM menunjukan strategi market development. Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Pangkalan Organik adalah menambah pasar dengan menambah gerai griya yang menjual produk Pangkalan Organik dan melakukan kegiatan promosi yang lebih gencar untuk memperkenalkan produknya serta melakukan inovasi produk seperti produk siap konsumsi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis faktor eksternal dan internal sebagai dasar perumusan strategi pangkalan organik en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account