Pengaruh motivasi belajar dan proses belajar mengajar mata kuliah Akuntansi Keuangan terhadap minat mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan untuk bekerja sebagai akuntan publik

Show simple item record

dc.contributor.advisor Maratno, Sylvia Fettry Elvira
dc.contributor.author Chandra, Joshua Lunardi
dc.date.accessioned 2021-08-25T07:43:54Z
dc.date.available 2021-08-25T07:43:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40920
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12219
dc.description 24305 - FE en_US
dc.description.abstract Salah satu profesi yang berkembang pesat di era modern ini adalah profesi akuntan publik. Di Indonesia, jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan di bidang sosial humaniora yang paling diminati di Indonesia. Tetapi, banyaknya calon mahasiswa yang memilih jurusan akuntansi tidak diikuti dengan banyaknya akuntan publik di Indonesia. Pada saat ini, Indonesia masih membutuhkan akuntan publik dalam jumlah besar dan jumlah akuntan publik di Indonesia sendiri masih dibawah negara anggota ASEAN (Association of South East Asian Nation) lainnya seperti Thailand dan Malaysia. Untuk bekerja sebagai akuntan publik, motivasi belajar yang tinggi diperlukan. Akuntan publik harus mempunyai kompetensi yang diperlukan supaya pelayanan jasa audit yang diberikan dapat berjalan dengan baik. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh akuntan publik adalah akuntansi keuangan. Selain motivasi belajar yang muncul dari dalam diri mahasiswa, motivasi eksternal juga diperlukan untuk membangun minat mahasiswa untuk bekerja sebagai akuntan publik. Salah satu motivasi eksternal yang digunakan adalah dengan proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen akuntansi keuangan. Proses belajar mengajar yang interaktif dan menarik dapat membangun motivasi mahasiswa untuk belajar dengan baik dan membangun minat mahasiswa untuk melakukan pekerjaan di bidang yang menarik baginya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar akuntansi keuangan dan proses belajar mengajar mata kuliah akuntansi keuangan terhadap minat mahasiswa program studi sarjana akuntansi Universitas Katolik Parahyangan untuk bekerja sebagai akuntan publik. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data kuesioner yang diperoleh untuk penelitian ini sebanyak 231 data yang terdiri dari mahasiswa program studi sarjana akuntansi Universitas Katolik Parahyangan angkatan 2017-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar akuntansi keuangan memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk bekerja sebagai akuntan publik dengan nilai signifikansi 0,000 yang dimana nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (5%). Sedangkan proses belajar mengajar mata kuliah akuntansi keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk bekerja sebagai akuntan publik dengan nilai signifikansi 0,090 dan secara simultan motivasi belajar akuntansi keuangan dan metode pembelajaran yang diberikan oleh dosen akuntansi keuangan memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk bekerja sebagai akuntan publik dengan nilai signifikansi 0,000. Kedua variabel ini menjelaskan minat mahasiswa untuk bekerja sebagai akuntan publik sebesar 0,142 (14,2%) sedangkan 85,8% dijelaskan oleh faktor lain diluar kedua variabel tersebut. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject akuntan publik en_US
dc.subject mahasiswa en_US
dc.subject minat en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.subject proses pembelajaran en_US
dc.subject Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Pengaruh motivasi belajar dan proses belajar mengajar mata kuliah Akuntansi Keuangan terhadap minat mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan untuk bekerja sebagai akuntan publik en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130021
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428107901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account