Pengaruh biaya kompensasi terhadap penjualan : studi kasus pada perusahaan CV. Aneka Cipta Box

Show simple item record

dc.contributor.advisor Manurung, Elizabeth Tiur
dc.contributor.author Kurniawan, Shania Herlina
dc.date.accessioned 2021-08-25T04:56:06Z
dc.date.available 2021-08-25T04:56:06Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40959
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12215
dc.description 24344 - FE en_US
dc.description.abstract Pertumbuhan perusahaan baru di Indonesia meningkat sebesar 17,51% selama 10 tahun terakhir (bpgs.go.id). Hal ini mengakibatkan meningkatnya persaingan di dunia usaha dengan sangat tajam. Berbagai cara perlu dilakukan perusahaan untuk mempertahankan posisinya, seperti mempertahankan tingkat penjualannya. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan penjualan adalah sumber daya manusia. Pengelolaan sumber daya manusia yang produktif dan potensial dapat mendukung efektivitas dan efisiensi penjualan. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan sumber daya manusia misalnya melalui pemberian kompensasi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kompensasi terhadap penjualan terhadap perusahaan CV Aneka Cipta Box. Faktor yang menjadi variabel independen dalam penelitian ini adalah kompensasi. Data kompensasi diperoleh dengan cara menjumlahkan total kompensasi yang diberikan perusahaan ke seluruh karyawan setiap bulannya. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penjualan yang diukur dengan menjumlahkan secara total penjualan perusahaan setiap bulannya. Unit penelitian dalam penelitian ini merupakan salah satu perusahaan manufaktur sektor packaging yang berlokasi di Bandung. Sedangkan, objek penelitian yaitu kompensasi dan penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang terdiri dari data kompensasi seluruh karyawan dan data penjualan CV Aneka Cipta Box setiap bulan periode 2017-2019. Data dianalisis dengan metode uji statistik dependen yang bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara dua set variabel, dengan tujuan untuk menentukan apakah variabel independen mempengaruhi variabel dependepen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompensasi perusahaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap penjualan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan tingkat kesalahan penelitian yaitu sebesar 5%. Penjualan perusahaan dipengaruhi oleh kompensasi sebesar 56,1% dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kompensasi en_US
dc.subject penjualan en_US
dc.title Pengaruh biaya kompensasi terhadap penjualan : studi kasus pada perusahaan CV. Aneka Cipta Box en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130016
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425016101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account