Abstract:
Penelitian ini membahas kenaikan dukungan masyarakat Amerika Serikat terhadap
pernikahan sesama jenis. Dalam penelitian ini, penulis memilih Facebook karena
Facebook merupakan media sosial dengan pengguna paling banyak di Amerika
Serikat dan digunakan dalam beberapa kampanye organisasi LGBTQ. Analisis
untuk menjawab pertanyaan penelitian “Bagaimana Pengaruh Facebook terhadap
dukungan pernikahan sesama jenis di Amerika Serikat?” didasarkan pada teori
konstruktivis sosial, konsep kejadian transformatif, teori gender, teori queer,
konsep masyarakat jejaring, dan konsep tiga dimensi ruang publik dan internet.
Melalui pertanyaan penelitian ini, penulis menemukan bahwa Facebook sebagai
media sosial memfasilitasi berkembangnya dukungan masyarakat terhadap
pernikahan sesama jenis di Amerika Serikat. Facebook menyediakan ruang publik
bagi kelompok LGBTQ, menaikan kesadaran publik terhadap pernikahan sesama
jenis, meningkatkan aktivitas luar jaringan, memfasilitasi interaksi antar individu
dan kelompok, yang kemudian mengarah pada naiknya dukungan pernikahan
sesama jenis di Amerika Serikat.