dc.description.abstract |
Komik merupakan sebuah media sekaligus bentuk budaya populer yang dinilai sebagai sebuah medium yang fleksibel untuk mengekspresikan cerita dan visual secara bersamaan. Hadirnya komik digital atau webtoon yang diadaptasi dari perkembangan komik lokal Korea Selatan atau manhwa memberikan ciri khas tersendiri, terutama pada pengenalan budaya baru yang ditularkan lewat format komik dan industri budaya yang dibentuk pada negara-negara tujuan, khususnya Indonesia. Tujuan penelitian tertuang pada pertanyaan penelitian “Bagaimana Upaya Platform LINE Webtoon dalam Memperkenalkan Produk Budaya Webtoon di Indonesia?”. Metode yang dipergunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian adalah metode kualitatif dengan studi kasus yang menggunakan LINE Webtoon sebagai subjek penelitian. Dengan penggunaan sejumlah teori dan konsep seperti Pluralisme, Budaya Populer, Digital Media, Cultural and Creative Industries dan Platform Business Model, peneliti dapat menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh sebuah platform komik digital bernama LINE Webtoon dalam memperkenalkan webtoon di Indonesia dalam konteks hubungan internasional. Terdapat tiga upaya yang dilakukan oleh LINE Webtoon, yakni membuat sejumlah fitur dan regulasi untuk mematangkan aturan dan kinerja dalam platform, lokalisasi untuk menarik sejumlah simpatisan lokal, hingga pengumpulan data-data non-pribadi untuk memahami penggunaan platform. Upaya-upaya yang sudah dilakukan, ditambah dengan kondisi eksternal yang secara tidak langsung mendukung efektifitas upaya tersebut, telah membuahkan hasil yang positif bagi LINE Webtoon, sehingga dapat diterima oleh masyarakat, mengakar, dan membawa perubahan pada perkembangan komik di Indonesia dengan menularkan budaya webtoon lewat proses industri yang dibentuk didalamnya. |
en_US |