Abstract:
Indonesia adalah negara yang didominasi oleh perairan dan terdiri dari gugusan pulau. Namun yang menjadi masalah adalah tersedianya sumber daya air tidak didukung dengan tingkat kesadaran tentang pola hidup sehat dan bersih. Dalam penelitian ini, penulis akan menjelaskan tentang bagimana implementasi dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tirta Investama Danone Aqua di Kabupaten Solok terutama Nagari Batang Barus tahun 2018. Danone Aqua merupakan salah satu perusahaan multinasional yang sudah lama beroperasi di Indonesia dan telah melakukan sejumlah kegiatan CSR di beberapa daerah termasuk Kabupaten Solok. Penulis memilih Kabupaten Solok, khususnya Nagari Batang Barus sebagai objek karena masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup bersih dan sehat serta keterbatasan tersedianya akses terhadap air bersih. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teori Pluralisme, Teori Perusahaan Multi Nasional, Teori 3P, dan salah satu dari empat prinsip dasar CSR. Hasil temuan dari penelitian ini adalah implementasi program berfokus pada pembangungan infrastruktur dan sosialisasi kepada masyarakat.