Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi eksistensi konvergensi terhadap pasar utama wisatawan mancanegara di Indonesia. Pasar-pasar wisata tersebut antara lain Tiongkok, Malaysia, Singapura, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Belanda, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Arab Saudi. Konvergensi pasar wisata terjadi ketika rasio antara total kedatangan wisatawan mancanegara dan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara dari negara spesifik adalah stasioner. Penelitian ini menggunakan alat analisis uji akar unit LM univariat dengan satu dan dua perubahan struktural, serta uji panel akar unit LLC, IPS, ADF-Fisher, dan PP-Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum seluruh pasar utama wisatawan mancanegara di Indonesia mengalami konvergensi dan signifikan secara statistik pada 10%, 5%, dan 1% secara berurutan. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian akar unit LM univariat, terdapat beberapa perubahan struktural yang bertepatan dengan sebelum dan sesudah terjadinya fenomena-fenomena, seperti European Sovereign Debt Crisis, Black Monday 2015, referendum Brexit, fenomena wabah MERS dan Swine Flu, perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat, serta penyelenggaraan Asian Games di Indonesia.