dc.description.abstract |
Di zaman sekarang, perkembangan perekonomian bergerak semakin pesat. Perusahaan dituntut untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus terhadap setiap masalah operasional yang ada, seperti salah satunya yaitu masalah pada siklus penjualan agar dapat bersaing. Oleh karena itu, untuk menilai siklus penjualan perusahaan dan untuk mengetahui permasalahan yang ada, diperlukanlah pemeriksaan operasional.
Pemeriksaan operasional merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai efektivitas dan efisiensi prosedur operasi perusahaan. Pemeriksaan operasional terhadap siklus penjualan diperlukan untuk menilai efektivitas dan efisiensi pengelolaan yang ada selama ini dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Pemeriksaan operasional atas siklus penjualan juga dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan masalah secara dini, kemudian memberikan rekomendasi yang memungkinkan diambilnya tindakan korektif sehingga diharapkan pemeriksaan operasional dapat berperan dalam meningkatkan kinerja penjualan.
Peneliti menggunakan metode studi deskriptif. Metode ini dapat membantu peneliti untuk berpikir secara sistematis mengenai berbagai aspek dalam situasi tertentu, memberikan gagasan untuk penelitian lebih lanjut, dan membuat keputusan sederhana dari penelitian yang telah dilakukan, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi literatur dan studi lapangan dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan siklus penjualan di perusahaan serta mengumpulkan dokumen terkait kegiatan penjualan perusahaan. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti melakukan pemeriksaan operasional untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada siklus penjualan pada PT. Poetra Abadi Plastindo. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang menjual produk yang terbuat dari plastik dan telah berdiri sejak tahun 2010.
Pada penelitian ini, peneliti mengidentifikasi kelemahan dari hasil pemeriksaan operasional pada PT. Poetra Abadi Plastindo, yaitu masih terdapat prosedur yang belum dilakukan sesuai dengan prosedur yang seharusnya dan terdapat beberapa kebijakan serta prosedur yang belum dibuat secara tertulis. Selain itu, kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan kurang memadai dan pengelolaan sumber daya manusia pada PT. Poetra Abadi Plastindo kurang baik, serta terdapat kesalahan pada penetapan target penjualan dan anggaran biaya penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Perusahaan juga belum pernah melakukan pemeriksaan operasional atas siklus penjualannya secara keseluruhan. Berdasarkan analisis tersebut peneliti memberikan beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk perbaikan dan untuk mencapai tujuan. Rekomendasi yang peneliti berikan, yaitu perusahaan sebaiknya membuat semua kebijakan dan prosedur penjualan secara tertulis dan diperbaharui secara berkala serta prosedur dan kebijakan tersebut harus dilakukan agar seluruh aktivitas perusahaan berjalan dengan baik. Selain itu, sebaiknya perusahaan melakukan berbagai promosi untuk meningkatkan penjualannya. Perusahaan juga sebaiknya membuat struktur oganisasi dan deskripsi pekerjaan secara tertulis, merekrut karyawan sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan dengan menentukan spesifikasi yang jelas, memberikan pelatihan khusus kepada karyawan baru, memberikan teguran kepada karyawan yang lalai dalam bekerja serta mengevaluasi kinerja seluruh karyawannya. Dalam menetapkan terget penjualan dan anggaran biaya penjualan, sebaiknya perusahaan menetapkannya berdasarkan kondisi terkini dan harus memperhatikan faktor-faktor lain baik internal maupun eksternal, dan perusahaan seharusnya memisahkan antara biaya penjualan yang bersifat tetap serta yang bersifat variabel. Perusahaan harus melakukan pemeriksaan operasional secara rutin dan dilakukan oleh orang yang independen. |
en_US |