dc.contributor.advisor |
Prasetyo, Pius Sugeng |
|
dc.contributor.author |
Launa, Agatha Ivana |
|
dc.date.accessioned |
2021-07-08T01:12:32Z |
|
dc.date.available |
2021-07-08T01:12:32Z |
|
dc.date.issued |
2020 |
|
dc.identifier.other |
skp39924 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/11622 |
|
dc.description |
9254 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Pemerintah daerah memerlukan upaya pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan publik untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Disdukcapil Kota Bandung merupakan salah satu pemerintahan daerah yang telah menerapkan inovasi pelayanan publik dan berhasil membawa penghargaan inovasi di bidang layanan. Disdukcapil telah memiliki SOP inovasi sebagai kerangka berpikir untuk menghasilkan inovasi. Meskipun begitu, diperlukan langkah penelitian untuk dapat memberikan gambaran tentang proses inovasi yang dilakukan Disdukcapil.
Proses inovasi merupakan model yang digunakan dalam penelitian ini dengan melihat empat variabel yaitu 1) idea generation; 2) idea selection; 3) idea implementation; 4) idea diffusion. Selain digunakan untuk melihat proses suatu inovasi dilakukan, model tersebut juga dapat melihat hasil yang diberikan oleh inovasi, yaitu peningkatan kualitas publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan beberapa informan dan studi dokumen sebagai data pendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi dan penarikan kesimpulan data.
Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah; 1) Keterlibatan pihak internal maupun eksternal dalam pembuatan inovasi; 2) Ide yang diberikan tidak lebih dari satu, sehingga Disdukcapil hanya berfokus pada satu ide saja untuk dikembangkan menjadi sebuah inovasi; 3) Ide sudah sangat inovatif walaupun masih terdapat kendala pada inovasi program pelayanan berbasis aplikasi; 4) Tercapainya tujuan dari kegiatan penyebaran inovasi, karena meningkatkan kesadaran masyarakat akan data kependudukan, pengetahuan dan penggunaan inovasi program pelayanan Disdukcapil; 5) Kualitas pelayanan publik yang semakin efisien karena mampu mempercepat dan mempermudah layanan. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
inovasi |
en_US |
dc.subject |
kualitas pelayanan publik |
en_US |
dc.subject |
proses inovasi |
en_US |
dc.title |
Proses inovasi program pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2016310043 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0403096402 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik |
|