Proses inovasi program pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetyo, Pius Sugeng
dc.contributor.author Launa, Agatha Ivana
dc.date.accessioned 2021-07-08T01:12:32Z
dc.date.available 2021-07-08T01:12:32Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39924
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11622
dc.description 9254 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pemerintah daerah memerlukan upaya pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan publik untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Disdukcapil Kota Bandung merupakan salah satu pemerintahan daerah yang telah menerapkan inovasi pelayanan publik dan berhasil membawa penghargaan inovasi di bidang layanan. Disdukcapil telah memiliki SOP inovasi sebagai kerangka berpikir untuk menghasilkan inovasi. Meskipun begitu, diperlukan langkah penelitian untuk dapat memberikan gambaran tentang proses inovasi yang dilakukan Disdukcapil. Proses inovasi merupakan model yang digunakan dalam penelitian ini dengan melihat empat variabel yaitu 1) idea generation; 2) idea selection; 3) idea implementation; 4) idea diffusion. Selain digunakan untuk melihat proses suatu inovasi dilakukan, model tersebut juga dapat melihat hasil yang diberikan oleh inovasi, yaitu peningkatan kualitas publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan beberapa informan dan studi dokumen sebagai data pendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi dan penarikan kesimpulan data. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah; 1) Keterlibatan pihak internal maupun eksternal dalam pembuatan inovasi; 2) Ide yang diberikan tidak lebih dari satu, sehingga Disdukcapil hanya berfokus pada satu ide saja untuk dikembangkan menjadi sebuah inovasi; 3) Ide sudah sangat inovatif walaupun masih terdapat kendala pada inovasi program pelayanan berbasis aplikasi; 4) Tercapainya tujuan dari kegiatan penyebaran inovasi, karena meningkatkan kesadaran masyarakat akan data kependudukan, pengetahuan dan penggunaan inovasi program pelayanan Disdukcapil; 5) Kualitas pelayanan publik yang semakin efisien karena mampu mempercepat dan mempermudah layanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject inovasi en_US
dc.subject kualitas pelayanan publik en_US
dc.subject proses inovasi en_US
dc.title Proses inovasi program pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016310043
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403096402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account