Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Program Sekolah Lansia “Sibulan” di Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas program dari Budiana (2007) yang mengemukakan empat dimensi dalam efektifitas program terdiri dari (1) Ketepatan Sasaran Program, (2) Sosialisasi Program, (3) Tujuan Program, (4) Pemantauan Program.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan mix methods dengan jenis penelitian eksplanatori berurutan dimana peneliti menggabungkan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara dengan pengelola sekaligus relawan dari sekolah lansia sibulan, (2) observasi terlibat, (3) studi dokumen, (4) survey dengan menggunakan kuesioner tertutup kepada 42 responden yang menjadi peserta dari sekolah lansia sibulan dan kuesioner terbuka terhadap 5 responden lansia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat dimensi program ini tidak efektif. Dari dimensi satu Ketepatan sasaran program dan dimensi ketiga Tujuan program keduanya tidak efektif. Dua dimensi lain yaitu Sosialisasi program dan Pemantauan program berjalan efektif. Rekomendasi yang peneliti berikan antara lain adalah membatasi para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini, memperluas kegiatan sosialisasi di luar Kelurahan Sukagalih, memperbanyak pertemuan pada kegiatan dan menambah kegiatan yang lebih beragam di luar program yang sudah ada.