Abstract:
Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki sebuah perusahaan karena sistem informasi akuntansi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan informasi perusahaan. Sistem informasi akuntansi perusahaan dapat berkualitas baik jika pengendalian internal dalam perusahaan tersebut baik. Pengendalian internal yang baik, khususnya pada siklus penjualan, dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan laba yang diperoleh melalui peningkatan penjualan. Pengendalian internal yang baik pada siklus penjualan dapat membantu perusahaan dalam menghasilkan informasi mengenai penjualan pada perusahaan menjadi lebih baik dan akan lebih tepat sasaran untuk proses pengambilan keputusan pada perusahaan.
Pengendalian internal memiliki kerangka kerja yang disebut COSO ERM. Kerangka kerja tersebut memiliki delapan komponen yaitu internal environment, objective setting, event identification, risk assessment, risk response, control activities, information and communication, dan monitoring. Delapan komponen COSO ERM digunakan sebagai pedoman untuk menganalisis siklus penjualan. Pengendalian internal dapat membantu perusahaan untuk mendokumentasikan dan membuat prosedur yang tepat setiap aktivitas yang ada pada siklus penjualan.
Metode penelitian yang digunakan penulis untuk penelitian ini adalah Hypothetico-Deductive Method. Metode hypothetico-deductive memiliki tujuh langkah untuk memecahkan suatu masalah. Penulis menggunakan data primer dan sekunder dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan wawancara dan observasi pada perusahaan.
Setelah melakukan analisis terhadap pengendalian internal pada siklus penjualan di Pabrik Tahu Tauhid, ditemukan beberapa kekurangan seperti terdapat perangkapan tugas pada struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan serta kurang lengkapnya dokumen pada beberapa aktivitas yang dapat mengakibatkan turunnya kualitas informasi yang dihasilkan pada siklus penjualan. Penulis memberikan beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan pada siklus penjualan di Pabrik Tahu Tauhid yaitu: (1) perubahan pada struktur organisasi memisahkan tugas admin dan kasir, (2) penerapan prosedur penjualan yang penulis uraikan dalam bentuk flowchart, (3) penambahan dokumen yang digunakan yaitu dokumen pesanan pelanggan untuk mencatat pesanan yang diterima dari pelanggan, (4) melengkapi dokumen faktur, (5) membuat format untuk buku pelanggan.