Penyelesaian permainan Hitori menggunakan algoritma genetika

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraheni, Cecilia Esti
dc.contributor.author Maldini, Andreas Bagus
dc.date.accessioned 2021-05-21T07:08:42Z
dc.date.available 2021-05-21T07:08:42Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39883
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11514
dc.description 1712 - FTIS en_US
dc.description.abstract Hitori adalah sebuah permainan puzzle yang dimainkan pada bidang dua dimensi dengan ukuran baris dan kolom yang sama. Permainan ini diterbitkan oleh sebuah perusahaan penerbit asal Tokyo, Jepang. Permainan Hitori diperkenalkan pertama kali ke publik pada Maret 1990. Hitori dimainkan dengan mengeliminasi angka-angka dengan kemunculan lebih dari satu kali, yang terdapat pada baris maupun kolom bidang permainan. Angka-angka yang dieliminasi pun tidak boleh saling bertetangga satu sama lain, baik secara horizontal maupun vertikal (bidang orthogonal). Kemudian angka-angka yang tidak dieliminasi harus saling terhubung satu sama lain dan tidak terisolasi oleh angka-angka yang dieliminasi. Permainan Hitori berhasil diselesaikan apabila tidak terdapat angka-angka duplikat pada tiap baris dan tiap kolom permainan. Hitori merupakan permainan logika yang bersifat NP-Complete, dimana solusi dari permainan ini dapat dicari dengan menggunakan algoritma Brute Force. Algoritma genetika merupakan algoritma pencarian yang terinspirasi dari proses natural selection. Algoritma genetika dapat digunakan untuk memecahkan combinatorial optimization problems yang sulit. Algoritma genetika ini dikemukakan oleh John Holland dari Michigan University pada 1975. John Holland mengkombinasikan keberhasilan suatu struktur untuk bertahan hidup (survival of the fittest). Algoritma genetika menjalankan operasi-operasi seleksi, persilangan, mutasi, dan elitism untuk mencari kandidat solusi dari suatu permasalahan yang hendak diselesaikan. Aturan-aturan main pada permainan Hitori akan dijadikan sebagai landasan penghitungan nilai fitness pada algoritma genetika yang akan diimplementasikan. Singkatnya, semakin banyak aturan main yang dilanggar oleh sebuah kandidat solusi, maka nilai fitness untuk kandidat solusi tersebut semakin buruk/kecil. Kandidat solusi yang tidak melanggar satu pun aturan main dari permainan Hitori, ditampilkan sebagai solusi dari permainan Hitori. Pada penelitian ini dibangun sebuah perangkat lunak permainan puzzle Hitori dengan ukuran 5x5, algoritma genetika diterapkan pada perangkat lunak ini untuk mencari solusi permainan dari puzzle Hitori. Hasil pengujian atas pengimplementasian algoritma genetika dalam menyelesaikan permainan Hitori adalah sebesar 94%. Dalam penelitian ini, algoritma genetika berhasil menyelesaikan 47 soal permainan Hitori dari 50 soal permainan yang tersedia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject Hitori en_US
dc.subject genetika en_US
dc.subject algoritma genetika en_US
dc.subject seleksi en_US
dc.subject persilangan en_US
dc.subject mutasi en_US
dc.subject elitism en_US
dc.title Penyelesaian permainan Hitori menggunakan algoritma genetika en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015730054
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427116901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account