Abstract:
Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Perkembangan ini perlu didukung oleh beberapa faktor agar pertumbuhan ini dapat mendukung penguatan UMKM tersebut. Dalam faktor internal, pemilik UMKM harus dapat menentukan strategi rantai pasok yang tepat sehingga usahanya dapat terus tumbuh dan berkembang. Sedangkan untuk faktor eksternal, adanya dukungan dari bisnis lain, pemerintah, dan akademisi (Triple Helix) dapat mempengaruhi performansi UMKM tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemilihan strategi rantai pasok yang tepat terhadap performansi bisnis UMKM di Indonesia dengan adanya dukungan dari Triple Helix. Strategi rantai pasok yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penjualan, sedangkan performansi bisnis UMKM dapat dilihat dari ekspektasi penambahan jumlah pekerja dalam 5 tahun. Selain itu dalam penelitian ini juga dilakukan eksplanatori terhadap food truck di Kota Bandung untuk mengetahui pengaruh metode penjualan secara lebih rinci.
Berdasarkan hasil penelitian, pemilihan strategi rantai pasok mempengaruhi performansi bisnis UMKM di Indonesia secara signifikan dengan adanya dukungan dari Triple Helix. Adanya dukungan dari komunitas dapat meningkatkan performansi bisnis food truck di Kota Bandung.