Abstract:
Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) merupakan sebuah perjanjian kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Chile. Dalam menghadapi IC-CEPA, Indonesia perlu untuk mempersiapkan komoditas unggulannya agar dapat bersaing dengan produk kompetitor. Oleh sebab itu, penelitian ini mendeskripsikan upaya pemerintah dalam membantu tiga komoditas ekspor unggulan Indonesia ke Chile dalam kerangka IC-CEPA pada tahun 2014-2019. Penulis mengacu kepada beberapa teori dan konsep yang menjadi dasar dalam penelitian ini yakni: konsep daya saing, teori liberalisme ekonomi, dan konsep kerjasama ekonomi internasional. Peneliti mengambil tiga komoditas unggulan yang mampu memenuhi pasar Chile sebagai objek penelitian yakni; kertas, alas kaki, dan pakaian jadi bukan rajutan. Ketiga sektor industri tersebut memiliki tantangan dalam mengekspor produknya ke pasar Chile. Penulis menemukan bahwa upaya pemerintah dalam menjawab tantangan tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui langkah internal dan eksternal. Upaya internal yaitu dengan mengadakan sosialisasi mengenai IC-CEPA kepada pelaku usaha, membuat kebijakan untuk menarik penanaman modal asing, menyediakan ketersediaan bahan baku, memperbaharui mesin produksi, dan mengadakan pelatihan kepada SDM. Sedangkan, upaya eksternal yaitu dengan mengadakan showcase, promosi, dan menjalin kerjasama dengan mitra lain yang dapat membantu sektor industri.