Abstract:
Kendaraan yang bervariasi pada suatu arus lalu lintas memerlukan nilai ekivalensi yang berfungsi sebagai faktor konversi dari berbagai jenis kendaraan menjadi mobil penumpang. Terdapat berbagai metode untuk menentukan nilai emp. Dalam penelitian ini digunakan metode kecepatan untuk menentukan nilai emp. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai emp pada jalan bebas hambatan dan pengaruh kelandaian jalan berdasarkan data kecepatan serta mengevaluasi nilai emp berdasarkan data kecepatan dibandingkan dengan nilai emp berdasarkan MKJI 1997. Kelandaian untuk KM 79 adalah 1,9% ke arah Jakarta, dan untuk KM 119 adalah 3,9% ke arah Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan nilai kelandaian pada nilai emp menunjukkan hasil yang sesuai dengan hipotesis pada nilai emp LT, dengan perubahan sebesar 0,8 nilai emp LT setiap 1% perubahan kelandaian. Perbandingan nilai emp terhadap persentase kelandaian menunjukkan semakin tinggi persentase kelandaian, semakin tinggi nilai emp, khususnya pada jenis kendaraan truk besar