Abstract:
Penetapan harga merupakan salah satu aktivitas penting yang dibutuhkan perusahaan. Penetapan harga yang kurang tepat dapat menurunkan pandangan konsumen terhadap perusahaan tersebut. Tujuan penentuan harga optimal pada produk sabun pembersih wajah Garnier adalah menaikkan pangsa pasar sabun pembersih wajah Garnier. Hal ini disebabkan pada posisi Top Brand Index produk sabun pembersih wajah Garnier yang menempati tingkat ketiga dari tahun 2016 hingga 2019 dibandingkan produk sabun pembersih wajah Pond’s dan Biore.
Penelitian penetapan harga optimal ini dilakukan pada produk Garnier berdasarkan preferensi konsumen sabun pembersih wajah. Metode Choice Based Conjoint (CBC) atribut sabun pembersih wajah dicari untuk membentuk konsep sabun pembersih wajah yang ada di pasaran. Pada kuisioner CBC responden akan diminta untuk memilih salah satu konsep sesuai preferensinya. Estimasi utilisasi dari atribut didapatkan dengan melakukan pengolahan jawaban kuisioner dengan metode Hierarchical Bayes (HB). Nilai estimasi yang ada digunakan untuk melakukan market simulator. Simulasi yang dilakukan berdasarkan setiap level atribut manfaat dan juga proses pengoptimasian total kontribusi.
Berdasarkan tahap-tahap yang telah dijelaskan di atas akan diperoleh rekomendasi harga optimal yang diusulkan untuk masing-masing level manfaat. Usulan penetapan harga optimal untuk level manfaat membersihkan debu dan kotoran pada wajah adalah Rp. 18.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL), untuk level manfaat mengurangi penumpukan sel kulit mati pada wajah Rp. 22.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL), untuk level manfaat mengurangi komedo dan jerawat pada wajah Rp. 22.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL), untuk level manfaat mengecilkan pori-pori wajah adalah Rp. 18.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL), untuk level manfaat mencerahkan kulit Rp. 15.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL), dan untuk level manfaat menghaluskan kulit Rp. 22.500,- (50 mL) dan Rp. 35.500,- (100 mL).