dc.description.abstract |
Di Indonesia, penetrasi media sosial sudah tinggi yaitu sebanyak 56 persen.
Hal tersebut juga didukung dengan pertambahan pengguna media sosial yang juga
tinggi. Kedua hal tersebut menunjukkan peluang yang menggiurkan dalam mengiklankan
suatu produk/ brand perusahaan lewat media sosial. Saat ini, Instagram adalah media
sosial berbasis gambar yang paling tinggi pertumbuhan pengunjung iklan. Coffee shop
Wheels Coffee Roasters selama ini mengalami kesulitan dalam menyusun feeds
Instagram karena tidak adanya pengalaman dan juga referensi dalam menyusun feeds.
Tujuan penelitian ini adalah merancang desain feeds Instagram yang sesuai dengan
customer’s Kansei.
Kata-kata Kansei diidentifikasi dengan artikel online dan wawancara. Dari
kedua sumber yang digunakan didapatkan 94 kata Kansei. Kata-kata tersebut
dikelompokkan dengan bantuan diagram afinitas untuk membentuk kelompok kata
Kansei. Kelompok kata yang terbentuk antara adalah realistis, sederhana, seragam,
tematik, jelas, menarik, inspiratif, edukatif, informatif, rapi, unik, dan personal. Kelompok
kata yang didapatkan kemudian digunakan dalam kuesioner. Hasil kuesioner kemudian
diolah dengan pengujian statistik dan analisis faktor. Hasil analisis faktor diinterpretasi
agar dapat digunakan dalam perancangan desain.
Hasil dari uji validitas data dengan uji KMO didapatkan nilai 0,845 sedangkan
nilai Bartlett sebesar 0.00 dan semua hasil uji MSA bernilai lebih dari 0,7. Ketiga hal
tersebut menunjukkan bahwa data telah valid dan dapat digunakan dalam penelitian
untuk pengolahan data yang lebih lanjut. Uji reliabilitas dihasilkan nilai Cronbach’s Alpha
sebesar 0.842. Hal ini menunjukkan bahwa data yang dimiliki memiliki tingkat konsistensi
yang baik. Analisis faktor menghasilkan 5 faktor yaitu Bertema, Lugas, Berguna,
Beridentitas, dan Sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyederhanakan data tetapi
tanpa menghilangkan informasi yang tekandung dalam data awal. Hasil akhir penelitian
ini ditampilkan dalam bentuk feeds Instagram dengan 15 foto di dalamnya. |
en_US |