Abstract:
Fashion STREET MANNER merupakan usaha dalam bidang fashion dengan jenis fashion streetwear yang berasal di Kota Bandung. Fashion STREET MANNER mulai meluncurkan produknya pertama kali pada tanggal 26 Mei 2017. Fashion STREET MANNER sudah berjalan selama lebih dari 2,5 tahun. Dalam kurun waktu 2,5 tahun tersebut, fashion STREET MANNER telah meluncurkan tiga koleksi produk-produknya.
Dari ketiga koleksi yang telah diluncurkan, perkembangan usaha fashion STREET MANNER terlihat kurang baik dengan menurunnya penjualan dari waktu ke waktu selama 2,5 tahun tersebut. Hal tersebut menyebabkan usaha fashion STREET MANNER menjadi tidak dinamis dalam menjalankan usahanya. Setelah masalah tersebut diidentifikasi, diketahui bahwa rumusan masalah yang dialami oleh fashion STREET MANNER adalah tidak memiliki target pasar yang dituju dalam memasarkan produk-produk yang dijualnya. Masalah tersebut mengarahkan penelitian untuk melakukan proses analisis pasar dengan menggunakan metode segmenting, targeting, dan positioning (STP). Setelah proses STP dilakukan, dapat diketahui kekurangan-kekurangan yang belum dimiliki oleh fashion STREET MANNER untuk target pasar dari segmen yang telah dipilih, lalu dibuatlah usulan bauran pemasaran berdasarkan aspek e-marketing mix untuk menyesuaikan jenis usaha fashion STREET MANNER yang berbasis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion STREET MANNER perlu meluncurkan produk barunya paling lama setiap 3 bulan sekali, menurunkan harga jual produk, menyediakan notifikasi tambahan (status pengiriman pesanan secara detil, pilihan wishlist, dan rating/review produk), menyediakan sarana website live chat, membuat konsep desain produk dengan tema isu-isu sosial dalam pertemanan, membuat tampilan halaman utama website lebih kaya akan informasi dan mengandung banyak konten, dan menyediakan jasa pengiriman menggunakan kurir online, terutama menggunakan GO-SEND untuk pengiriman dalam Kota Bandung.