Kampanye Greenpeace tahun 2011-2018 untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat perusahaan busana internasional dengan membentuk norma internasional baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indraswari, Ratih
dc.contributor.author Audwina, Ardiani Hanifa
dc.date.accessioned 2020-05-06T03:59:22Z
dc.date.available 2020-05-06T03:59:22Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39401
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10791
dc.description 9228 - FISIP en_US
dc.description.abstract Industri busana menghasilkan 20 persen air limbah global dan 10 persen emisi karbon global sehingga merupakan merupakan salah satu industri yang menghasilkan polusi terbanyak di dunia. Negara sebagai pembuat dan penegak peraturan gagal dalam penegakan peraturan dan menyebabkan polusi semakin meluas. Karena itu, dibutuhkan sebuah norma internasional baru yang dapat diimplementasikan dengan pengawasan dari masyarakat internasional, bukan hanya negara. Oleh karena itu, Greenpeace berupaya untuk membuat sebuah norma internasional baru yaitu eliminasi bahan kimia berbahaya dalam proses produksi busana. Oleh karena itu, rumusan pertanyaan penelitian ini adalah, “Bagaimana upaya Greenpeace dalam kampanye Detox My Fashion di tahun 2011-2018 untuk membentuk norma internasional baru?” Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep norm life-cycle, terutama bagian norm emergence dan konsep transnational advocacy coalition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kampanyenya Greenpeace telah menggunakan taktik information politics dengan menerbitkan berbagai laporan yang menjadi dasar informasi dalam melakukan kampanye; symbolic politics dengan melakukan berbagai aksi simbolik selama kampanye yang merupakan upaya untuk framing isu lebih lanjut; leverage politics dengan menargetkan berbagai perusahaan multinasional terkenal seperti Nike, Adidas, H&M, dan Inditex; dan accountability politics dengan menuntut perusahaan yang sudah berkomitmen untuk melaksanakan komitmennya. Selain itu, ditemukan perubahan perilaku dari perusahaan-perusahaan busana internasional yang menjadi lebih transparan dan berkomitmen untuk mengeliminasi berbagai bahan kimia berbahaya dalam proses produksi mereka. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Detox My Fashion en_US
dc.subject norma internasional en_US
dc.subject Greenpeace en_US
dc.subject perusahaan busana internasional en_US
dc.title Kampanye Greenpeace tahun 2011-2018 untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat perusahaan busana internasional dengan membentuk norma internasional baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330126
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account