Analisis alasan pemilihan social media influencer dalam mendukung promosi Wonderful Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Laras, Sarita Sekar
dc.date.accessioned 2020-04-27T03:38:23Z
dc.date.available 2020-04-27T03:38:23Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39304
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10710
dc.description 9162 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada latar belakang sektor pariwisata Indonesia yang terpilih menjadi salah satu leading sector dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014-2019. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah, “Mengapa social media influencer dipilih oleh Kementerian Pariwisata untuk untuk mendukung promosi dan diplomasi nation brand Wonderful Indonesia di ranah internasional?” Berangkat dari pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini berusaha menganalisa peran social media influencer dalam mempromosikan nation brand Wonderful Indonesia dengan menggunakan teori diplomasi publik, konsep nation brand, dan konsep social media influencer yang memiliki kemampuan profesional untuk menjangkau dan menggaungkan pesan promosi. Wonderful Indonesia sendiri dibentuk oleh Kementerian Pariwisata sebagai payung utama promosi pariwisata Indonesia, sekaligus sebagai citra yang ingin disampaikan kepada publik dunia bahwa Indonesia sangat kaya akan pesona wisata, dan merupakan destinasi wisata kelas dunia yang sangat layak untuk dikunjungi. Sebagai nation brand, Wonderful Indonesia menempati posisi sebagai bagian dari diplomasi publik Indonesia di ranah global. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis melakukan penelitian lewat studi kepustakaan, dengan mengumpulkan data-data dan informasi yang terkait dengan pertanyaan penelitian dan pembatasan masalah. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Pariwisata melibatkan social media influencer karena kapasitas profesionalnya yang mampu menjangkau dan meresonansikan pesan promosi Wonderful Indonesia dengan kapasitas 3R (Relevance, Reach, dan Resonance). Gaya hidup masyarakat modern yang aktif menggunakan media sosial mendorong dilaksanakannya promosi lewat social media influencer, yang berdampak pada peningkatan angka wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2015-2017 dan meningkatnya posisi Indonesia dalam Indeks Daya Saing Pariwisata yang diterbitkan oleh World Economic Forum dari posisi 50 ke posisi 42 dalam kurun waktu dua tahun. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kementerian Pariwisata en_US
dc.subject diplomasi publik en_US
dc.subject nation brand en_US
dc.subject Wonderful Indonesia en_US
dc.subject Social media influencer en_US
dc.title Analisis alasan pemilihan social media influencer dalam mendukung promosi Wonderful Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016330248
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account