dc.contributor.advisor |
Kartasasmita, Giandi |
|
dc.contributor.author |
Wijaya, Nicander |
|
dc.date.accessioned |
2020-04-24T01:53:44Z |
|
dc.date.available |
2020-04-24T01:53:44Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.other |
skp39290 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/10690 |
|
dc.description |
9148 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Kerja sama yang dilakukan oleh dua negara menjadi salah satu hal tidak dapat dipungkiri terus terjadi di masa kontemporer. Nigeria sebagai salah satu negara di Afrika dengan cadangan minyak terbesar di dunia menyadari potensi kerja sama sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian sekaligus meningkatkan aspek infrastruktur yang menjadi salah satu kendala terbesar untuk mempercepat perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya. Kebutuhan yang diperlukan oleh Nigeria tersebut kemudian berusaha untuk dijawab oleh pemerintah RRT pada tahun 2006 dengan kedua negara menyepakati kebijakan Oil-for-Infrastructure. Kebijakan ini memberikan penekanan kepada upaya peningkatan kerja sama ekonomi Nigeria-RRT dengan mekanisme bahwa RRT akan membantu peningkatan infrastruktur di wilayah Nigeria yang sekaligus akan memunculkan transfer of technology dan Nigeria akan memberikan kesempatan baik dalam penjualan maupun eksplorasi minyak di beberapa tempat sebagai upaya pemenuhan kebutuhan RRT. Dengan menggunakan konsep Complex Interdependence; Cooperation Among Nations; serta konsep pembangunan ekonomi yang berfokus kepada infrastruktur, penelitian ini akan melihat hubungan kerja sama yang bersifat interdependensi antara kedua negara untuk memenuhi kebutuhan dari masing masing negara. Penulisan ini akan berfokus kepada peningkatan aspek infrastruktur transportasi Nigeria dari tahun 2006 sejak kesepakatan Oil-for-Infrastructure dimulai sampai dengan tahun 2016 sebagai pembaharuan kebijakan luar negeri Nigeria yang menekankan kepada pengakuan RRT sebagai satu satunya negara Cina di dunia dan mengesampingkan hubungan dengan Taiwan. Penelitian ini tentu saja tidak terlepas dari berbagai dinamika yang terjadi di dalam pergantian presiden di Nigeria berkaitan dengan Oil-for-Infrastructure. Kata |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Nigeria |
en_US |
dc.subject |
Kerja sama bilateral |
en_US |
dc.subject |
Oil-for-Infrastructure |
en_US |
dc.subject |
Infrastruktur transportasi |
en_US |
dc.subject |
Perekonomian Nigeria |
en_US |
dc.title |
Dampak kerjasama ekonomi Nigeria-Republik Rakyat Tiongkok di sektor infrastruktur : studi kasus infrastruktur transportasi Nigeria tahun 2006-2016 |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
|
dc.identifier.nim/npm |
NPM2016330186 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0430098002 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|