dc.contributor.advisor |
Dewi, Elisabeth Adyiningtyas Satya |
|
dc.contributor.author |
Handiman, Mataya Kara Perdani |
|
dc.date.accessioned |
2020-04-22T04:09:37Z |
|
dc.date.available |
2020-04-22T04:09:37Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.other |
skp39262 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/10664 |
|
dc.description |
9120 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Melalui karya film animasi, Disney berhasil menjadi salah satu perusahaan media massa terbesar di dunia. Karya film animasi yang diciptakan oleh Disney tidak hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai bentuk edukasi dengan pesan dan informasi. Kemampuan Disney yang besar sebagai media massa seringkali dipandang sebagai salah satu upaya untuk dapat menjadi peron dalam menyebarkan nilai-nilai kesetaraan gender, terutama di Indonesia. Seiring waktu Disney sadar mengenai betapa pentingnya peran budaya seni serta estetika sebagai sarana dalam menyampaikan suatu pesan dan informasi terdalam mengenai kesetaraan gender. Melalui penelitian terhadap bagaimana upaya Disney melalui karya film animasi untuk menyebarkan nilai-nilai kesetaraan gender di Indonesia dalam rentang waktu tahun 2009 hingga 2016 yang menggunakan teori social action.
Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan oleh Disney dalam menyebarkan nilai-nilai kesetaraan gender melalui karya film animasinya di Indonesia, merupakan sebuah pesan dan informasi mengenai nilai-nilai kesetaraan gender yang para penicpta dan aktor terlibat bentuk dan disisipkan ke dalam film. Hingga terbentuknya pula sebuah kerja sama off-shoot products yang dibangun bersama perusahaan lokal Indonesia sebagai bentuk promosi film dan menghadirkan berbagai persepsi, makna, dan nilai-nilai kesetaraan gender di negara tersebut. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Disney |
en_US |
dc.subject |
Indonesia |
en_US |
dc.subject |
Kesetaraan Gender |
en_US |
dc.subject |
Film |
en_US |
dc.subject |
Social Action |
en_US |
dc.title |
Upaya Disney melalui film dalam menyebarkan nilai-nilai kesetaraan gender di Indonesia (2009-2016) |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
|
dc.identifier.nim/npm |
NPM2016330101 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0417117302 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|