Abstract:
Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya air.
Pentingnya penggunaan air bersih untuk konsumsi dan kebutuhan rumah tangga,
fasilitas umum dan industri adalah karena air bersih merupakan salah satu
kebutuhan pokok manusia. Melalui penelitian ini, penulis akan menggambarkan
mengenai implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR)
Starbucks Indonesia yaitu Water for Change pada tahun 2013 di Bantar Gebang.
Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan teori Pluralisme, teori
Multinational Corporation (MNC), konsep Triple Bottom Lines (People, Planet
Profit) dan prinsip CSR. Penulis memilih Kecamatan Bantar Gebang sebagai
objek penelitian dari implementasi program CSR “Water for Change” Starbucks
Indonesia karena penduduk Bantar Gebang kesulitan dalam mendapatkan akses
air bersih. Dari penelitian ini fakta menemukan bahwa program CSR Water for
Change yang diluncurkan oleh Starbucks Indonesia di Bantar Gebang pada tahun
2013 ini berfokus untuk pemberian air bersih melalui pendirian AquaTower dan
juga edukasi terhadap anak-anak dan penduduk.