dc.description.abstract |
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di PT. Bank Perkreditan Rakyat
Emasnusantara Sentosa, Jl. Mohammad Toha No. 136, Bandung, Jawa Barat. Penulis
telah melakukan praktik kerja selama 218,5 jam mulai dari tanggal 17 Juni 2019 sampai
dengan 16 Agustus 2019. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang
administrasi perusahaan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja yaitu
memeriksa kelengkapan berkas calon debitur kredit, menginput data yang terdapat di
dalam formulir meeting marketing ke dalam program Sistem Aplikasi Perbankan (SAP),
mencetak surat undangan dan Surat Peringatan (SP), dan mencetak dokumen-dokumen
untuk akad kredit dan mengarsipkannya. Dalam pelaksanaan praktik kerja ini penulis
menemui beberapa kendala dan masalah yaitu, berkas yang berisi dokumen calon debitur
seringkali tidak lengkap, sehingga menghambat proses pemberian kredit. Penulis juga
menemui kendala lainnya yaitu, staf marketing terkadang berada di luar kantor, sehingga
menghambat penulis untuk menginput data penagihan kepada debitur dari staf marketing
yang terdapat di dalam formulir meeting marketing. Kendala lainnya yaitu tidak ada
format untuk tanggal terima surat, tanda tangan, dan nama debitur pada surat undangan
maupun Surat Peringatan (SP), sehingga terkadang di dalam surat hanya terdapat tanda
tangan debitur saja, dan data debitur yang terdapat di dalam dokumen untuk akad kredit
terkadang belum sesuai, sehingga menghambat penulis ketika akan mencetak dokumen.
Data calon debitur harus dilengkapi dan dicatat ke dalam formulir serah terima
berkas kredit. Data hasil penagihan kepada debitur dari staf marketing diinput ke dalam
program Sistem Aplikasi Perbankan (SAP) pada setiap hari Kamis. Surat undangan dan
Surat Peringatan (SP) diberikan kepada debitur yang mempunyai tunggakan angsuran
kredit dan fotokopi surat yang telah ditandatangani oleh debitur diarsipkan ke dalam
schnelchecter map. Dokumen untuk akad kredit dicetak melalui program Sistem Aplikasi
Perbankan (SAP) dan berkas akad kredit diarsipkan ke dalam map, kemudian map debitur
diarsipkan ke dalam bindex dan disimpan ke dalam lemari arsip. Berdasarkan masalah
yang dihadapi oleh penulis selama melaksanakan praktik kerja, penulis menyarankan
sebaiknya staf marketing selalu mengingatkan calon debitur untuk melengkapi data yang
belum ada yang diperlukan sebagai syarat untuk mengajukan kredit. Sebaiknya staf
marketing memberikan data penagihan kepada debitur sehari sebelumnya, jika ada
pekerjaan di luar kantor pada hari Kamis. Sebaiknya perusahaan menambahkan format
tanggal terima surat, tanda tangan, dan nama jelas debitur di dalam surat undangan
maupun Surat Peringatan (SP) dan di dalam buku ekspedisi. Sebaiknya Customer Service
lebih teliti dalam menginput data debitur ke dalam program Sistem Aplikasi Perbankan
(SAP), sehingga pada saat mencetak dokumen untuk akad kredit data sudah sesuai. |
en_US |