Abstract:
Penulis melakukan kegiatan praktik kerja di bagian pengembangan pegawai pada
Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) Universitas Katolik Parahyangan yang terhitung
mulai dari tanggal 23 September 2019 sampai dengan 31 Desember 2019 dengan total
waktu selama 233,48 jam. Bidang yang dikerjakan penulis selama melakukan prakrik kerja
yaitu bidang administrasi perusahaan. Tujuan dari praktik kerja ini adalah mengetahui cara
menginput data lembar pemeriksa surat keputusan pengangkatan dosen, mengetahui cara
mengarsip dokumen lainnya seperti surat keputusan, usulan kenaikan gaji dan pangkat, dan
uang kesetiaan kerja pegawai dan dosen, serta mengetahui cara menginput data surat
keputusan mengajar dosen ke dalam server Sistem Kepegawaian (SIKEP). Dari dibuatnya
laporan praktik kerja ini diharapkan bisa berguna untuk perusahaan dan pihak lain yang
bersangkutan.
Penulis ditempatkan sebagai staf tata usaha di Biro Pengembangan Modal Insani
Universitas Katolik Parahyangan yang bertugas untuk menginput data lembar pemeriksa
surat keputusan pengangkatan dosen, mengarsip dokumen lainnya seperti surat keputusan,
usulan kenaikan gaji dan pangkat, dan uang kesetiaan kerja pegawai dan dosen, serta
menginput data surat kepurusan mengajar dosen ke dalam server Sistem Kepegawaian
(SIKEP). Masalah yang dihadapi penulis saat melaksanakan praktik kerja yaitu adanya
kesalahan input data dalam surat permohonan kesediaan mengajar dosen dari unit/fakultas
di UNPAR dan kerusakan mesin scan untuk melakukan scan surat kepurusan mengajar
dosen dan pengangkatan asisten dosen untuk dijadikan arsip digital.
Dari hasil kegiatan praktik kerja yang dilaksanakan, penulis sudah memahami cara
untuk menginput data lembar pemeriksa surat keputusan pengangkatan dosen, mengetahui
cara mengarsip dokumen lainnya seperti surat keputusan, usulan kenaikan gaji dan
pangkat, dan uang kesetiaan kerja pegawai dan dosen, serta mengetahui cara menginput
data surat kepurusan mengajar dosen ke dalam server Sistem Kepegawaian (SIKEP).
Penulis menyimpulkan bahwa kegiatan administrasi yang dijalankan oleh BPMI UNPAR
sudah sesuai dengan teori yang ada. Dari permasalahan yang ada penulis menyarankan
BPMI menginformasikan untuk melakukan pemeriksaan surat permohonan kesediaan
mengajar pada unit/fakultas terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke BPMI. Selain itu
penulis menyarankan agar mengajukan pengadaan mesin scan baru kepada BTI untuk
mempermudah proses arsip dokumen secara digital. Penulis juga menyarankan BPMI
untuk membuat buku absen peminjaman bagi pegawai BPMI yang meminjam berkas dosen
atau pegawai untuk keperluan input data.