Peranan strategic Activity Based Management (ABM) dalam menentukan product mix pada CV. Cipta Kreasindo Abadi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kosasih, Elsje
dc.contributor.author Wijaya, Veren Adela
dc.date.accessioned 2020-04-15T07:23:21Z
dc.date.available 2020-04-15T07:23:21Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39057
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10524
dc.description 23929 - FE en_US
dc.description.abstract Pada awal tahun 2019, industri tekstil dan garmen tumbuh melesat dan Kementrian Perindustrian juga memprediksi bahwa konsumsi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, maka dari itu pelaku industri TPT Nasional harus bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, dan efisiensi, demi memaksimalkan laba. CV Cipta Kreasindo Abadi menghasilkan berbagai macam jenis produk fashion anak, dalam penetapan harga pokok produknya, perusahaan belum menggunakan sistem pembebanan biaya yang tepat yaitu menggunakan asumsi dari pemilik perusahaan. Selain itu juga, perusahaan belum menentukan product-mix yang tepat sehingga laba perusahaan belum optimal. Dengan menggunakan activity- based costing (ABC) system, perusahan dapat memperoleh informasi biaya yang akurat berdasarkan hubungan sebab akibat antara biaya dan pemacu biayanya (cost driver). Selain itu, ABC system berperan dalam penyediaan informasi biaya untuk pengambilan keputusan product-mix sehingga perusahaan memperoleh laba optimal. Pendekatan tersebut disebut dengan strategic-activity based management. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian dekriptif analitis sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas, sistematis, dan akurat atas objek yang diteliti dengan cara mengklasifikasi, menganalisis, dan menyajikan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Dengan begitu penulis dapat menghasilkan kesimpulan serta saran yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak dalam industri fashion anak bernama CV Cipta Kreasindo Abadi, berlokasi di Bandung. CV Cipta Kreasindo Abadi menghasilkan 12.000 unit Jaket Baby Blue Line, 18.000 unit Celana Jogger Bintang & Kemeja Panjang Spiderman, serta menggunakan jasa maklun untuk memproduksi 18.000 unit T-shirt Basic Mermaid 1 karena terdapat kapasitas produksi yang terbatas. Berdasarkan hasil analisis, harga pokok produk yang ditetapkan oleh CV Cipta Kreasindo Abadi mengalami under costed. Hal tersebut terjadi karena perusahaan membebankan biaya produk secara tidak tepat dengan menggunakan asumsi pemilik, sehingga informasi biaya tersebut tidak dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Product mix yang ditetapkan oleh perusahaan pun belum tepat karena sebenarnya perusahaan masih memiliki idle capacity sebesar 11.940 jam. Idle capacity tersebut dapat digunakan perusahaan untuk memproduksi T-shirt Basic Mermaid 1 sebanyak 18.000 unit yang selama ini tidak diproduksi perusahaan tetapi dimaklunkan ke perusahaan jasa maklun. Bila perusahaan menggunakan jasa maklun, total laba yang diperoleh perusahaan sebesar Rp.722.469.616, sedangkan bila perusahaan memproduksi sendiri, total laba yang diperoleh sebesar Rp.893.019.616. Laba yang dihasilkan lebih tinggi karena biaya- biaya yang terjadi pada tahun 2018 telah dibebankan seluruhnya kepada tiga produk lainnya, sehingga dengan pemakaian idle capacity perusahaan untuk memproduksi T-shirt Basic Mermaid 1, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya maklun dan hanya menimbulkan tambahan biaya variabel yaitu biaya plastik dan dus yang relatif kecil. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh laba yang optimal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject activity-based costing en_US
dc.subject strategic-activity based management en_US
dc.subject idle capacity en_US
dc.subject product-mix en_US
dc.title Peranan strategic Activity Based Management (ABM) dalam menentukan product mix pada CV. Cipta Kreasindo Abadi en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016130117
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416045501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account