Perancangan balanced scorecard pada Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuniawati, Atty
dc.contributor.author Lasmauli, Marlina Lovita
dc.date.accessioned 2020-04-14T00:45:57Z
dc.date.available 2020-04-14T00:45:57Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39102
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10462
dc.description 23974 - FE en_US
dc.description.abstract Untuk menjadi organisasi yang memiliki keunggulan kompetitif Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 perlu mengukur kinerja secara komprehensif. Pengukuran kinerja organisasi bertujuan untuk mendapatkan kondisi yang tepat tentang organisasi, sehingga mengetahui strategi yang tepat dan seberapa jauh strategi-strategi yang diterapkan sekolah itu berhasil. Namun, selama ini Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 hanya melakukan pengukuran dari segi keuangan saja. Balanced Scorecard sangat diperlukan sebagai alat bantu manajemen yang dapat mengukur kinerja organisasi secara keuangan dan non keuangan. Balanced Scorecard memiliki empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Setiap perspektif akan dibentuk sasaran strategis yang saling berhubungan dan menghasilkan ukuran-ukuran yang berkesinambungan. Seluruh tujuan strategis yang dibentuk berguna untuk mencapai outcomes yang ingin dicapai oleh organisasi. Organisasi dapat mengurangi atau menyesuaikan perspektif yang ada sesuai dengan keadaan organisasi untuk mencapai hal-hal yang diinginkan organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti untuk kemudian dianalisis sehingga dapat terlihat jelas gambaran mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan atas masalah-masalah yang dihadapi. Data primer dan sekunder dikumpulkan sebagai landasan dalam menganalisis permasalahan yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 belum memiliki pengukuran kinerja yang dapat menjelaskan kondisi keseluruhan organisasi dan hanya menggunakan ukuran keuangan saja. Balanced Scorecard untuk Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 telah disusun. Melalui berbagai perspektif yang ada di dalam Balanced Scorecard dibentuk tujuan strategis dan menghasilkan ukuran-ukuran yang berkesinambungan dan memiliki hubungan sebab akibat. Dengan menggunakan Balanced Scorecard, diharapkan akan lebih mudah bagi Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 sebagai organisasi nirlaba untuk mengukur performa dan mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan performa organisasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Balanced Scorecard en_US
dc.subject organisasi nirlaba en_US
dc.subject pendidikan en_US
dc.title Perancangan balanced scorecard pada Sekolah Dasar Negeri Sukamenak 01 en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2014130205
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416067101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account