Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisa mengenai Tingkat Kepuasan Pengguna Pelayanan Perizinan di Dinas Kesehatan Kota Bandung. Pada penelitian ini penulis menggunakan model penelitian Key Drivers yang dikembangkan oleh MORI Social Research Institute for the Office for Public Services Reforms (OPSR) at the Cabinet Office adalah delivery, timeliness, information, professionalism, staff attitude, physical environment, access.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang dilakukan kepada 150 responden pengguna pelayanan perizinan dan melakukan wawancara dengan 10 pengguna pelayanan. Data dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai tingkat kepuasan pengguna pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tingkat Kepuasan Pengguna Pelayanan Perizinan di Dinas Kesehatan Kota Bandung secara keseluruhan masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan terdapat dalam dimensi timeliness, information, professionalism, staff attitude, physical environment, Access yang masuk dalam kategori tinggi sedangkan pada dimensi delivery masih rendah, dikarenakan hasil dokumen perizinan yang diterima oleh pengguna pelayanan tidak sesuai dengan standar yang ditentukan.