Abstract:
Toko Tiramisu and Coffee (TnC) merupakan satu dari banyak toko yang menjual cake dan masakan di Kota Bandung. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemiliki untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menjual masakan untuk menarik konsumen datang ke Toko TnC. Namun, usaha ini masih belum membuahkan hasil, penjualan cake di Toko TnC masih tetap dari tahun ke tahun. Pemilik ingin menaikkan penjualan 5-10% dari penjualannya saat ini.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner ke konsumen Toko TnC dan konsumen yang berpeluang untuk menjadi konsumen Toko Tnc. Setelah kuesioner diperoleh, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Bila kuesioner telah valid dan reliabel maka dapat dilakukan pengolahan data menggunakan metode K-means Cluster untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik yang sama.
Berdasarkan analisis klaster, diperoleh enam segmen yang memiliki karakterisik yang berbeda pada Toko TnC saat ini. 2. Terdapat 6 segmen yang diperoleh dari hasil pengelompokkan karakteristik pada konsumen Toko TnC. Segmen 1 merupakan customer yang hanya ikut-ikutan dalam membeli cake, segmen 2 merupakan customer yang mencari hal-hal yang baru atau yang sedang booming, segmen 3 merupakan customer yang membeli cake karena memang ingin mengkonsumsi cake. Segmen 4 merupakan customer yang berhati-hati dalam memilih cake dan memiliki pertimbangan yang cukup banyak dalam membeli cake. Segmen 5 merupakn customer yang menyukai cake customize. Segmen 6 merupakan customer yang membeli cake karena adanya tuntutan pekerjaan tetapi tidak mempertimbangkan variasi cake. Segmen 4 dijadikan primary target segmen karena memiliki karakteristik yang dapat memenuhi segmen lainnya. Usulan yang diberikan berupa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, physical evidence, process).