Abstract:
Meja lipat laptop merupakan salah satu produk meja lipat yang dikhususkan
pada penggunaan laptop. Meja lipat PSTI adalah salah satu produk meja lipat yang
dihasilkan dari perancangan sistem terintegrasi Teknik Industri UNPAR. Rancangan meja
lipat PSTI belum memperhatikan usulan kombinasi atribut meja lipat laptop yang paling
diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan usulan kombinasi faktor
preferensi konsumen untuk produk meja lipat PSTI yang paling diinginkan konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah choice based conjoint (CBC). Metode
CBC digunakan karena lebih realistis dengan proses pemilihan produk di dunia nyata.
Metode CBC juga memberikan beban informasi yang lebih ringan pada proses
pengumpulan data kuesioner CBC. Metode CBC dilakukan dengan cara melakukan
analisis multivariat terhadap pilihan alternatif atribut yang terdapat pada kuesioner CBC.
Proses identifikasi atribut dan level dilakukan dengan melakukan kegiatan wawancara
dan focus group discussion. Atribut-atribut yang dihasilkan adalah material (alas meja),
dimensi, kestabilan (bracket kaki meja), desain (fitur kemiringan), berat dan harga. Atribut
dan level meja lipat laptop akan diolah dengan bantuan sawtooth software. Kuesioner
CBC terbagi menjadi 2 bagian yaitu rating level dan pemilihan stimuli. Kuesioner yang
dibuat menggunakan 10 choice task dan 3 buah prohibition. Kuesioner disebarkan
secara online dengan total responden 85 orang. Data yang didapatkan diolah untuk
mengetahui nilai-nilai utilitas dari setiap level atribut. Level dengan nilai utilitas tertinggi
pada atribut menandakan responden lebih memilih level tersebut dibandingkan dengan
level yang lain. Usulan kombinasi atribut preferensi konsumen yang paling diinginkan
untuk produk meja lipat laptop adalah harga Rp. 50.000-Rp. 100.000, dimensi 56 cm x 32
cm x 31 cm, kestabilan kaki meja bracket custom, bahan aluminium, berat 0-2 kilogram,
dan desain kemiringan 1-2 posisi kemiringan.