Abstract:
Penelitian ini akan membahas bagaimana latar belakang PT Telekomunikasi Indonesia Internasional sebagai anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia melakukan ekspansi bisnisnya ke Singapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kemudian teori yang digunakan adalah OLI Model oleh John H.Dunning, dimana menurutnya, ekspansi bisnis dilakukan atas pertimbangan Ownership atau kepemilikan, Location atau lokasi, dan Internalization (internalisasi). Untuk memperdalam pemahaman, maka ditambah juga dengan pemikiran Cullen Parbateeah yakni strategi ekspansi dibagi kedalam strategi regional, multidomestic, internasional, dan transnasional. Penelitian ini menemukan bahwa potensi pasar Singapura selaras dengan visi dan misi ekspansi PT Telekomunikasi Indonesia Internasional untuk masuk ke pasar internasional. Mulai dari regulasi yang tidak dipersulit, kondisi masyarakat yang mendukung, jaringan internet yang kuat, hingga lingkungan yang kondusif.