Abstract:
Mainan edukatif adalah jenis mainan yang dapat memberikan pembelajaran
kepada penggunanya. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak anak-anak
yang memainkan mainan dari gadget. Jumlah mainan edukatif yang masih tergolong
sedikit membuat anak-anak lebih memilih untuk memainkan mainan dari gadget.
Sedangkan anak-anak bermain dengan menggunakan gadget secara terus-menerus
memberikan dampak negatif kepada anak yaitu meningkatnya resiko depresi, gangguan
kecemasan, gangguan pemusatan perhatian, dan anak menjadi lebih emosional. Maka
dari itu dibuatlah mainan yang memiliki unsur edukatif yang sesuai dengan kebutuhan
anak saat ini. Mainan dengan unsur fisika dasar dengan rangkaian listrik menjadi fokus
utama dari mainan ini. Mainan ini bernama Magnetic Construction (Magcon). Pembuatan
pertama mainan Magcon memiliki banyak kekurangan namun memiliki potensi
pengembangan dan potensi untuk dikomersialisasikan.
Pengembangan mainan Magcon dilakukan dan terdapat perubahan nama
menjadi Neo-Hexa. Pengembangan produk Neo-Hexa dilakukan untuk mencapai tujuan
yaitu rancangan mainan Neo-Hexa layak untuk dikomersialkan. Hal-hal yang dilakukan
dalam pengembangan mainan Neo-Hexa yaitu adanya product design workshop yang
menghasilkan engineering design dan prototipe dari mainan Neo-Hexa. Engineering
design berisi house of quality, Lembar Rencana Kerja (LRP), dan spesifikasi tiap
komponen.
Hasil dari pengembangan ini adalah prototipe produk mainan Neo-Hexa.
Prototipe mainan Neo-Hexa berfungsi dengan cukup baik secara operasional. Prototipe
mainan Neo-Hexa telah diuji coba oleh tim pengembang produk dan juga kepada
responden. Berdasarkan rancangan mainan Neo-Hexa yang telah diuji coba, didapatkan
tanggapan dan saran dari responden untuk mainan Neo-Hexa serta proporsi ketertarikan
responden untuk membeli mainan Neo-Hexa.