Abstract:
Pada penelitian ini dilakukan riset pasar menggunakan Choice Based Conjoint (CBC)
untuk membuat strategi pemasaran bagi Iga Dullers yang penjualannya stagnan. Digunakan
juga metode Perceptual Choice Experiment untuk melakukan positioning. Diketahui terdapat
lima atribut yang mempengaruhi pelanggan dalam memilij rumah makan, yaitu Nilai Ulasan
Google, Harga Makanan, Harga Minuman, Konsep, dan Nama Rumah Makan. Hasil dari
penelitian didapatkan bahwa pelanggan Iga Dullers dapat dibagi menjadi empat segmen, yaitu
“Yang Bagus Aja”, “Pelajar Hemat Hore”, “Pencari Suasana”, dan “Brand Sensitif”. Segmen
“Pelajar Hemat Hore” dipilih sebagai target pasar utama dan tunggal. Usulan kombinasi level
atribut yang diberikan untuk meningkatkan penjualan adalah meningkatkan nilai ulasan,
menurunkan harga makanan, dan mengubah konsep rumah makan menjadi Minimalis dengan
usulan positioning statement “Rumah makan yang enak, nyaman, dan aman di kantong untuk
nongkrong”. Usulan strategi pemasaran diberikan dengan bauran pemasaran 7P yang terdiri
dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.