Analisis strategi KodeKiddo Bandung dari perspektif Blue Ocean Strategy

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Sarah, Venny
dc.date.accessioned 2019-11-28T04:37:20Z
dc.date.available 2019-11-28T04:37:20Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38471
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9734
dc.description 8841 - FISIP en_US
dc.description.abstract KodeKiddo Bandung merupakan suatu lembaga kursus coding dan programming untuk anak-anak di Kota Bandung yang berdiri pada bulan Juni 2017. Pada awalnya, hanya terdapat 2 pemain di industri edukasi coding dan programming untuk anak di Kota Bandung termasuk KodeKiddo Bandung sehingga dapat dikatakan KodeKiddo berada di dalam pasar yang masih biru. Seiring perkembangan waktu, semakin banyak lembaga kursus coding dan programming di Kota Bandung mengingat besarnya peluang di bidang edukasi coding anak yang memiliki permintaan yang tinggi, namun penawaran yang ada masih sangat sedikit. Hingga saat ini terdapat 5 tempat kursus coding untuk anak di Kota Bandung. Lambat laun industri lembaga kursus coding di Kota Bandung akan bergerak dari pasar yang masih biru, menjadi pasar yang merah dan pekat (red ocean). Maka dari itu, dibutuhkan strategi blue ocean bagi KodeKiddo Bandung untuk tetap dapat menciptakan pasarnya sendiri. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus dan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah teknik wawancara, studi dokumen dan juga observasi. Proses penyusunan strategi blue ocean untuk KodeKiddo Bandung diawali dengan proses analisis lingkungan bisnis KodeKiddo Bandung baik dari segi eksternal maupun internal dengan menggunakan alat analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, SWOT, dan SWOT Matrix. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan rekonstruksi batasan-batasan pasar, pemetaan kanvas strategi, perumusan kerangka kerja empat langkah, menganalisis skema Hapuskan, Kurangi, Tingkatkan dan Ciptakan, dan perumusan kanvas baru bagi KodeKiddo Bandung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa industri kursus coding untuk anak di Kota Bandung berpotensi menjadi lautan merah karena tingginya permintaan yang ada, sehingga apabila KodeKiddo khususnya KodeKiddo di Kota Bandung tidak melakukan inovasi dan penciptaan nilai bagi konsumen, maka KodeKiddo Bandung akan berada di lautan merah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Blue ocean Strategy en_US
dc.subject Porter’s Five Forces en_US
dc.subject SWOT Analysis en_US
dc.subject SWOT Matrix en_US
dc.subject analisis lingkungan bisnis en_US
dc.subject analisis eksternal en_US
dc.subject analisis internal en_US
dc.subject kanvas nilai en_US
dc.subject ERRC en_US
dc.title Analisis strategi KodeKiddo Bandung dari perspektif Blue Ocean Strategy en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320089
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account